Abstrak
Dengan berkembangnya dunia teknologi informasi, alat transportasi juga berkembang dengan adanya jasa transportasi online. Saat ini penggunaan jasa transportasi online sudah seperti kebutuhan, maka perlu melakukan analisis sentimen terhadap jasa transportasi online untuk mengetahui bagaimana tanggapan masyarakat terhadap jasa tranportasi online tersebut. Data yang digunakan harus merupakan data yang valid. Media yang penulis gunakan untuk mengambil data merupakan dari salah satu platform media sosial yaitu Twitter. Tugas Akhir ini dibuat untuk menganalisa tanggapan masyarakan dengan analisis data yang berupa tweet kemudian diklasifikasikan menjadi kelas positif dan negatif menggunakan metode Naïve Bayes Classifier. Berdasarkan sistem yang dibangun, didapatkan hasil sentimen positif sebesar 88.60% dan sentimen negatif sebesar 11.40% dengan akurasi sebesar 86.80%. Hasil menunjukkan tingkat sentimen positif dari tweet masyarakat lebih besar dibandingkan dengan tingkat sentimen negatif.
Kata kunci : transportasi online, analsis sentimen, Twitter, Naïve Bayes Classifier.