Implementasi Algoritma Fuzzy C-Means untuk Mengkategorikan Tingkat Penjualan Produk pada Data Transaksi Swalayan

SAGUNG RANI ARIPUSPITA

Informasi Dasar

114 kali
18.04.1875
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Swalayan setiap harinya mencatat transaksi penjualan yang sangat banyak, hal ini akan berdampak pada pertumbuhan jumlah data yang sangat banyak dan menimbulkan tumpukan data yang berjumlah besar. Dari data transaksi tersebut dapat digali informasi-informasi baru yang berguna untuk menunjang proses bisnis swalayan. Misalnya pentingnya jenis barang apa yang menjadi prioritas utama yang harus distok swalayan. Pada penelitian ini digunakan algoritma Fuzzy c-means pada data penjualan swalayan untuk mendapatkan tingkat penjualan produk. Dari hasil pengujian yang didapat, untuk produk susu yang termasuk kategori rendah adalah jenis produk susu bayi,dan untuk produk air mineral yang termasuk kategori rendah adalah jenis produk air mineral 240ml, 330ml dan 600ml,dan produk yang termasuk kategori tinggi adalah jenis produk mie goreng. Pada pengujian cluster menggunakan metode Modified Partition Coeficient (MPC) hasilnya yaitu validitas cluster tertinggi yang terbaik adalah pada saat menggunakan 5 cluster.

Subjek

COMPUTER SCIENCE
 

Katalog

Implementasi Algoritma Fuzzy C-Means untuk Mengkategorikan Tingkat Penjualan Produk pada Data Transaksi Swalayan
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SAGUNG RANI ARIPUSPITA
Perorangan
INDWIARTI, FHIRA NHITA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komputasi
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • CNH4E3 - DATA MINING
  • IK3313 - KECERDASAN BUATAN
  • CCH4A3 - PENULISAN PROPOSAL
  • CNH4F3 - SOFT COMPUTING
  • CCH4B4 - TUGAS AKHIR
  • CII4A2 - PENULISAN PROPOSAL
  • CII4E4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • CII9G6 - PROPOSAL PENELITIAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini