Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas iklan Batagor Hanimun kota Cimahi di media sosial Instagram. Batagor Hanimun sebagai pengiklan menggunakan iklan di media sosial Instagram dengan tujuan untuk memperluas atau menjaring konsumen. Efektivitas iklan diukur menggunakan metode pengukuran EPIC Model dan Direct Rating Method (DRM). Metode EPIC mengukur respon pembaca iklan dari berbagai tahap, mulai dari Emphaty, Persuasion, Impact, dan Communication. Metode DRM mengukur respon pembaca dari berbagai tahap, mulai dari Attention, Read Thoroughness, Cognitive, Affection, dan Behavior. Tahapan respon inilah yang digunakan untuk mengukur efektivitas iklan Batagor Hanimun di media sosial Instagram. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian deskriptif, serta pengukuran EPIC Model dan Direct Rating Method (DRM). Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner kepada masyarakat Kota Cimahi dan Masyarakat Kota Cimahi yang mengetahui tentang Batagor Hanimun dan pernah melihat iklan nya di media sosial Instagram. Dengan jumlah sample yang diambil sebanyak 100 responden. Berdasarkan hasil yang didapat dari hasil pengukuran dengan menggunakan EPIC Model iklan Batagor Hanimun di media sosial Instagram masuk ke dalam rentang skala efektif yaitu sebesar 3,18. Hasil ini menunjukan bahwa iklan tersebut efektif dalam memperkenalkan iklan produk kepada konsumen. Hasil pengukuran menggunakan DRM (Direct Rating Method) iklan Batagor Hanimun di media sosial Instagram masuk ke dalam rentang skala sangat efektif yaitu sebesar 75,6. Hal ini menunjukan bahwa iklan tersebut berhasil dalam menarik perhatian, pemahaman, kognitif, afektif dan dan dapat mempengaruhi perilaku konsumen untuk membeli produk Batagor Hanimun.
Kata kunci: Efektivitas Iklan, EPIC Model, Direct Rating Method (DRM), Media Sosial, Instagram.