Fenomena kenaikan jumlah mahasiwa setiap tahunnya di Universitas Telkom tentu sangat baik bagi pihak kampus dan juga di lingkungan sekitarnya. Dengan banyaknya jumlah mahasiswa perantauan tentu sangat berdampak bagi lingkungan disekitar kampus salah satunya adalah roda perputaran ekonomi masyarakat yang terdapat di sekitaran Universitas Telkom. Meningkatnya jumlah Usaha Kecil Menengah setiap tahunnya yang dikelola atau dimiliki masyarakat sekitar menandakan bahwa mahasiswa perantauan sangat menggantungkan kebutuhan hidupnya dengan Usaha Kecil Menengah yang ada di sekitar kampus. Adapun berbagai jenis usaha yang diuntungkan dari fenomena ini yaitu kos atau kontrakan, fotokopi, penjual alat tulis, makanan, laundry dan juga warung kelontong. Banyak sekali mahasiwa baru Universitas Telkom yang kesulitan untuk mendapatkan informasi mengenai lingkungan disekitar kampus, untuk wilayah internal kampus mahasiswa sangat terbantu dengan adanya signage yang terdapat di kawasan kampus. Sedangkan informasi mengenai lingkungan eksternal kampus dan sekitarnya sama sekali tidak ada, padahal informasi tersebut sangat penting bagi mahasiswa dalam menjalankan kegiatannya selama mengeyam pendidikan di Universitas Telkom, karena sebagian besar kebutuhan mahasiwa berhubungan dengan kegiatan kampus. Selain itu tidak adanya sosialisasi kepada mahasiswa baru terhadap lingkungan di sekitar kampus membuat mahasiswa lambat untuk beradaptasi dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan.
Melihat kurangnya informasi mengenai lingkungan sekitar yang terdapat di Universitas Telkom penulis berencana untuk membuat sebuah media informasi yang mampu menjembatani kebutuhan mahasiswa dengan harapan mempermudah kegiatan mahasiswa sehari harinya dan memberikan informasi lingkungan sekitar yang terdapat di kawasan Universitas Telkom.
Kata Kunci : Kenaikan Mahasiswa, Kebutuhan sehari hari, Media Informasi