PERANCANGAN BOARDGAME SEBAGAI SARANA EDUKASI ASTRONOMI UNTUK ANAK DI KOTA BANDUNG

NURUL SYIFA WAHYUNINGRUM

Informasi Dasar

18.04.1967
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Astronomi adalah ilmu yang mempelajari tentang benda-benda langit di alam semesta ini melalui observasi berdasarkan kaidah-kaidah sains. Sebaliknya astrologi menjadikan hubungan antara fenomena benda langit dengan kehidupan dan masa depan manusia sebagai objeknya. Sejak dahulu praktik astronomi telah digunakan manusia sebagai patokan waktu dan musim yaitu dengan mengamati pergerakan dan posisi benda langit seperti bulan, bintang, planet, dan matahari. Sekarang, astronomi dipelajari sebagai bagian dari ilmu fisika di sekolah-sekolah di Indonesia. Belajar astronomi dapat meningkatkan wawasan dan rasa kepekaan terhadap alam. Sayangnya, astronomi masih kurang populer di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya anakanak. Oleh karena itu, perancangan tugas akhir ini adalah media edukasi astronomi berupa board game. Board game adalah jenis permainan yang terdiri dari papan permainan, pion/bidak, token, dan beberapa elemen lain seperti kartu permainan. Terdapat tujuan yang harus dicapai oleh pemain untuk memenangkan permainan. Karakteristik menyenangkan, menarik, dan interaktif menjadi alasan pemilihan media edukasi dalam bentuk board game. Terlebih sasaran dari perancangan ini adalah anakanak, sehingga diperlukan media pembelajaran yang menarik agar materi edukasi dapat diterima. Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan ini bersifat kualitatif, yaitu melalui pendekatan secara deskriptif. Perancangan ini ditunjang dengan teori astronomi, edukasi, desain komunikasi visual, dan perancangan game. Dengan adanya board game edukasi astronomi ini diharapkan dapat menjadi alternatif dalam belajar astronomi bagi anak-anak, khususnya di kota Bandung.

Kata kunci: Astronomi, Edukasi, Anak-anak, Board game.

Subjek

GRAPHIC DESIGN
 

Katalog

PERANCANGAN BOARDGAME SEBAGAI SARANA EDUKASI ASTRONOMI UNTUK ANAK DI KOTA BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NURUL SYIFA WAHYUNINGRUM
Perorangan
DIMAS KRISNA ADITYA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • GDH3K5 - DESAIN GRAFIS 4 (ETNO IDENTITY)
  • SD733033 - GAME DESIGN
  • GDG3G3 - ILLUSTRASI LANJUT
  • GDH2K3 - ILUSTRASI DASAR
  • GDH2J3 - KOMPUTER GRAFIS DASAR
  • GDG2K3 - KOMPUTER GRAFIS LANJUT
  • GDG3L3 - MK. PILIHAN: BOARD GAME
  • DVI2C3 - ILUSTRASI DASAR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini