Guitar Guide Aplikasi Pembelajaran Chord Gitar Berbasis Augmented Reality

WELLY PAMUNGKAS

Informasi Dasar

108 kali
18.06.385
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Abstrak

Teknologi Augmented Reality merupakan suatu teknik yang memasukkan objek virtual 3D kedalam lingkungan nyata. Augmented Reality sangat menarik dan juga dapat di implementasikan untuk media pembelajaran. Saat ini kebanyakan media pembelajaran chord gitar masih mengandalkan media seperti buku turorial atau internet dengan melihat gambar bentuk chord yang masih kurang menarik. Hal ini dirasakan masih belum maksimal, karena visualisasi hanya dalam bentuk dua dimensi (2D). Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi pembelajaran chord gitar berbasis augmented reality sebagai media pembelajaran chord gitar yang dapat menampilkan bentuk tiga dimensi (3D) chord beserta penjelasan tentang penempatan jari tangan pada gitar. Pembuatan aplikasi ini menggunakan software Unity 3D dan Vuforia . Untuk dapat mengoperasikan aplikasi ini pengguna harus memiliki marker terlebih dahulu di menu unduh marker yang telah disediakan di aplikasinya. Dari hasil pengujian black-box testing dan Pengujian Tester, aplikasi yang dibangun dapat berfungsi dengan baik yaitu sesuai antara input yang diberikan dan output yang dihasilkan oleh aplikasi. aplikasi yang dibangun dapat berjalan dengan baik pada beberapa perangkat smartphone android, yaitu android versi Jelly Bean, Kitkat, Lollipop, Marshmallow dan Nougat. Berdasarkan hasil dari beberapa pengujian yang telah dilakukan , dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran chord gitar berbasis Augmented Reality telah dibuat sudah berjalan dengan baik dan sesuai perancangan, serta mendapat respon yang positif dari pengguna. Kata Kunci : Chord gitar, Augmented Reality, Marker, Unity 3D, Vuforia.

Subjek

VIRTUAL REALITY
 

Katalog

Guitar Guide Aplikasi Pembelajaran Chord Gitar Berbasis Augmented Reality
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WELLY PAMUNGKAS
Perorangan
HARIANDI MAULID, HETTI HIDAYATI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • DIH1B2 - ALAT BANTU GAMBAR DIGITAL UNTUK ANTARMUKA APLIKASI
  • DCG3G3 - ANIMASI DAN GAME LANJUT
  • DIG3A3 - MANAJEMEN PROYEK
  • DIH2A3 - MULTIMEDIA DASAR
  • DCG3F3 - MULTIMEDIA TERAPAN
  • DIH2B2 - PEMODELAN DIGITAL UNTUK VISUALISASI 3D
  • DIH1C3 - PERANCANGAN ANTARMUKA APLIKASI
  • DPH3B4 - PROYEK AKHIR
  • DPH2F3 - REKAYASA PERANGKAT LUNAK
  • DPH3F3 - VALIDASI DAN VERIFIKASI PERANGKAT LUNAK
  • VII1D3 - ALAT BANTU GAMBAR DIGITAL UNTUK ANTARMUKA APLIKASI
  • VII3D3 - VALIDASI DAN VERIFIKASI PERANGKAT LUNAK

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini