PROTOTIPE GARASI PINTAR MONITORING KEADAAN MOBIL BERBASIS IoT

FAISAL NUQOBASIDQY

Informasi Dasar

18.04.2126
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak Mobil menjadi salah satu pilihan kendaraan pribadi atau kendaraan umum dan setiap tahun dapat dipastikan bertambah jumlahnya. Standar OBD-II terdapat pada mobil memungkinkan untuk monitoring keadaan mobil terdapat kerusakan atau tidak terdapat kerusakan. Malfunction Indicator Lamp pada mobil menyala menandakan terdapat kerusakan. Namun, dengan melihat Malfunction Indicator Lamp pemilik mobil tidak mengetahui secara pasti kerusakan pada mobilnya.

Mobil berstandar OBD-II memiliki Engine Control Unit yang menyimpan data mobil. Sistem Garasi pintar dirancang untuk membaca data mobil sehingga pemilik mobil mengerti kerusakan yang terjadi pada mobilnya.

Sistem garasi pintar akan diimplementasi pada pool taksi. Sistem bekerja dengan cara mengolah data menggunakan Engine Control Unit Emulator sebagai pengganti Engine Control unit pada mobil sehingga menjadi dimengerti oleh pemilik mobil. Informasi yang terdapat pada sistem garasi pintar seperti, voltase akumulator, Diagnostic Trouble Code, Readiness dapat dilihat pemilik mobil menggunakan smartphone android yang membutuhkan koneksi internet. Koneksi internet dibutuhkan untuk mengakses data ke server sistem garasi pintar.

Sistem garasi pintar memberikan informasi kepada pemilik mobil seperti voltase akumulator, Diagnostic Trouble Code, Readiness dan menyimpulkan keadaan mobil dalam keadaan normal atau terdapat kerusakan. Sehingga pemilik kendaraan dapat mengetahui keadaan mobil secara langsung.

Kata kunci : monitoring mobil, garasi pintar, Engine Control Unit, Diagnostic Trouble Code, Readiness.

Subjek

INFORMATICS
 

Katalog

PROTOTIPE GARASI PINTAR MONITORING KEADAAN MOBIL BERBASIS IoT
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAISAL NUQOBASIDQY
Perorangan
Maman Abdurohman, Aji Gautama Putrada
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini