PENGARUH KUALITAS AUDIT, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Kasus Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016)

RODHI MAULANA MUHAMMAD

Informasi Dasar

18.04.2141
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Manajemen laba adalah upaya manajemen perusahaan untuk mengintervensi atau mempengaruhi informasi keuangan yang terdapat di dalam laporan keuangan yang mana hal ini digunakan untuk mengelabui investor yang ingin mengetahui kinerja dan kondisi keuangan perusahaan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh kualitas audit, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap manajemen laba pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2014-2016. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2014-2016. Sampel yang dipilih berdasarkan purposive sampling sebanyak 17 perusahaan.Data yang dikumpulkan merupakan data sekunder dengan teknik dokumentasi. Teknik analisis data berupa regresi data panel, yang merupakan gabungan dari data time series dan cross section. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial kualitas audit berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, dan leverage tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Secara simultan variabel independen kualitas audit, ukuran perusahaan, dan leverage memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel dependen manajemen laba. Kata Kunci: Kualitas Audit, Ukuran Perusahaan, Leverage, Manajemen Laba.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH KUALITAS AUDIT, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Kasus Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RODHI MAULANA MUHAMMAD
Perorangan
DEWA PUTRA KHRISNA MAHARDIKA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini