E-learning merupakan salah satu teknologi yang digunakan untuk menunjang proses pembelajaran dalam tingkat Universitas. Dengan dasar Universitas yang mengedepankan teknologi, Universitas Telkom menerapkan pembelajaran menggunakan konsep blended learning course yaitu kombinasi antara pembelajaran tatap muka (onsite) dengan pembelajaran interaktif menggunakan teknologi informasi yang disebut e-learning. Diharapkan dengan konsep blended learning course proses pembelajaran di Universitas Telkom menjadi lebih efektif dan efisien. Dalam penelitian ini akan menggunakan proses klasifikasi dengan menggunakan data event log yang berisi catatan histori aktifitas mahasiswa disaat melakukan akses dalam e-learning, dan nantinya akan dilakukan tahap preprocessing untuk membersihkan data terlebih dahulu kemudian dilakukan proses klasifikasi untuk mendapatkan informasi berupa model prediksi kelulusan mahasiswa terhadap matakuliah, dan akan dilakukan membandingkan akurasi dari beberapa algoritma klasifikasi. Dalam penelitian ini akan dilakukan proses prediksi terhadap data mahasiswa yang terdapat dalam e-learning. Dalam penelitian ini algoritma yang digunakan adalah algoritma C4.5, Naïve Bayes, dan Bayesian Network. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa algoritma C4.5 memiliki hasil paling tinggi dengan rata-rata TP Rate 73%.
Kata kunci : e-learning, algoritma C4.5,algoritma naive bayes,algoritma bayesian network, klasifikasi.