PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PADA FUNGSI KESEHATAN MASYARAKAT DAN FUNGSI PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT DI DINAS KESEHATAN PROVINSI JAWA BARAT MENGGUNAKAN FRAMEWORK TOGAF ADM

FARHAN RAVSANJANI

Informasi Dasar

18.04.2227
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat adalah badan pemerintahan yang bergerak dalam bidang kesehatan pada tingkat provinsi. Dalam melaksanakan kegiatan bisnisnya Dinas Kesehatan membutuhkan sistem informasi yang didukung oleh teknologi informasi yang memadai. Pada dasarnya, organisasi ini belum mempunyai perencanaan teknologi informasi yang mendukung berjalannya proses bisnis ini sehingga antara bisnis dan teknologi informasi belum terintegrasi. Dengan adanya pemanfaatan teknologi informasi dalam penyusunan pengelolaan sumber daya kesehatan maka akan ada peningkatan kualitas dalam penyusunan perencanaan pembangunan dan pengolahan data informasi yang nantinya data dan hasil analisis ini akan digunakan sebagai rekomendasi dalam melakukan pengelolaan sumber daya kesehatan. Untuk dapat menerapkan kebutuhan teknologi informasi yang sesuai dengan kondisi bisnis Dinas Kesehatan, maka diperlukan perancangan Enterprise Architecture.

Framework yang dapat digunakan untuk perancangan Enterprise Architecture salah satunya yaitu TOGAF ADM. Tahapan pada framework TOGAF ADM pada perancangan ini yaitu fase preliminary, business architecture, information system architecture yang terdiri dari data architecture dan application architecture, technology architecture, opportunities and solutions dan migration planning.

Penelitian ini akan menghasilkan rancangan enterprise architecture dari masing-masing tahapan yang ada pada TOGAF ADM dan IT Roadmap untuk perancangan Enterprise Architecture pada fungsi kesehatan masyarakat dan fungsi pencegahan dan pengendalian penyakit. Dengan hasil yang ada , diharapkan dapat membantu dan menjadi pedoman bagi Dinas Kesehatan Untuk melakukan pengembangan teknologi.

Kata kunci: Enterprise Architecture, TOGAF ADM

Subjek

ENTERPRISE-ARCHITECTURE
 

Katalog

PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PADA FUNGSI KESEHATAN MASYARAKAT DAN FUNGSI PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT DI DINAS KESEHATAN PROVINSI JAWA BARAT MENGGUNAKAN FRAMEWORK TOGAF ADM
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FARHAN RAVSANJANI
Perorangan
R. Wahjoe Witjaksono, Asti Amalia NF
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2018

Koleksi

Kompetensi

  • ISG3B3 - ARSITEKTUR ENTERPRISE
  • ISG4M3 - PERENCANAAN STRATEGI SISTEM INFORMASI
  • ISG4C4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini