Perusahaan dagang pada umumnya melakukan penjualan secara tunai dan kredit. Dalam usaha yang akan dijual koperasi yayasan al-kautsar membeli kepada beberapa supplier yang berbeda-beda. Barang yang ingin dibeli dilakukan dengan cara memesan ke supplier kemudian supplier datang ke koperasi untuk mengantar barang pesanan yang telah dipesan. Supplier memberikan bukti pembelian ke pihak koperasi, proses pembayaran dilakukan secara tunai maupun kredit tergantung kondisi uang yang memungkinkan. Pada tahun 2015 jumlah persedian barang yang ada dikoperasi mengalami kenaikan 65% dari pada tahun sebelumya yang awalnya jumlah persediaan barang jadi 35 stok barang menjadi 55 stok barang. Kenaikan tersebut membuat pegawai yang menangani transaksi persediaan harus bekerja lebih ekstra. Hal ini memperlambat proses bisnis yang ada. Solusi yang ditawarkan yaitu dengan membuat aplikasi yang menangani proses bisnis dengan database yang saling terintegrasi antara penjualan dan pembelian. Fungsionalitas yang dimiliki antara lain melalukan penjualan tunai dan kredit, pembelian tunai dan kredit, pembayaran tunai dan kredit, dan retur barang pembelian, serta penyajian laporan. Sesuai hasil implementasi yang dilakukan pada perusahaan, maka aplikasi membantu melakukan pengelolaan master data, transaksi dan menu laporan. Aplikasi ini juga menghasilkan laporan akuntansi berupa laba rugi.
Kata kunci : penjualan, pembelian tunai, kredit, retur pembelian, Aplikasi Berbasis Web, Framework CI