Industri MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition) adalah salah satu bagian dari sektor pariwisata yang saat ini sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan bisnis MICE yang merupakan bagian dari industri pariwisata masa kini dan telah memberikan warna yang beragam terhadap jenis kegiatan pariwisata yang identik dengan pemberian pelayanan (services). Oleh karena itu, penulis mengambil MICE sebagai objek penelitian khususnya MICE yang diselenggarakan oleh Traveland Convex.
Traveland Convex merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bisnis MICE yang berada di Bandung dan perusahaan yang paling popular dikalangan perusahaan dan organisasi dalam menyelenggarakan event MICE. Banyak faktor yang mempengaruhi konsumen untuk mengikuti kegiatan MICE dengan cara melihat perilaku konsumen seperti Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Melakukan Registrasi Kegiatan MICE Melalui Traveland Convex di Kota Bandung Tahun 2018.
Dalam penelitian ini jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang sudah pernah mengikuti kegiatan MICE yang diselenggarakan oleh Traveland Convex di kota Bandung dimana sempel yang digunakan sebanyak 100 responden. Faktor Produk dan Faktor Harga merupakan faktor yang paling dominan, menunjukkan bahwa konsumen masih mempunyai kebutuhan selain mengikuti kegiatan MICE, artinya konsumen cenderung menilai bahwa bilamana acara yang diselenggarakan menarik dan harga sebanding dengan manfaat jika mengikuti kegiatan MICE maka konsumen akan melakukan registrasi kegiatan.
Kata kunci: faktor dominan, CFA, perilaku konsumen