PERANCANGAN MODUL GURU UNTUK APLIKASI BIMBINGAN BELAJAR ONLINE BERBASIS ANDROID

KHAIRUL TAMIMI

Informasi Dasar

18.04.2299
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Guru merupakan penyedia informasi dan mengajarkannya kepada murid-muridnya. Guru bertugas sebagai pengajar yang membantu muridnya memahami bahan ajar yang diberikan. Bimbingan belajar merupakan salah satu cara untuk mendapat ilmu di luar sekolah. Bimbingan belajar dan kegiatan ekstrakurikular memiliki pengaruh sebesar 71,2% terhadap prestasi belajar siswa. Bimbingan belajar juga memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di sekolah. Bimbingan belajar yang menggunakan konsep M-learning merupakan terobosan pengembangan teknologi komputasi mobile. Bimbingan belajar umumnya dilakukan di luar jam sekolah untuk membantu siswa yang memperdalam ilmu yang didapat di sekolah.

Pada penelitian tugas akhir ini akan dikembangkan modul guru yang dapat diakses melalui smartphone. Penggunaan mobile computing yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan guru untuk membimbing siswa dalam mata pelajaran tertentu secara online dan melalui smartphone. Beberapa fitur yang dapat membantu guru untuk membimbing siswa adalah fitur unduh dan unggah materi, unggah tugas lalu memberikan nilai dan koreksi tugas, serta forum diskusi yang membantu guru dan siswa untuk melakukan komunikasi secara real-time.

Pengujian yang dilakukan terhadap setiap fungsi di aplikasi berjalan dengan baik. Fungsi dalam aplikasi seperti membagikan materi, memberikan tugas, nilai dan koreksi tugas dapat diakses dengan baik. Pengujian lain yang dilakukan adalah pengujian pengguna. Hasil dari pengujian pengguna adalah 78% pengguna puas dengan aplikasi bimbingan belajar online.

Subjek

ANDROID PROGRAMMING
 

Katalog

PERANCANGAN MODUL GURU UNTUK APLIKASI BIMBINGAN BELAJAR ONLINE BERBASIS ANDROID
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KHAIRUL TAMIMI
Perorangan
ANDREW BRIAN OSMOND, RUMANI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • CEH2E3 - DASAR PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK
  • CEG3C3 - DESAIN BASIS DATA
  • SK4403 - INTERAKSI MESIN MANUSIA
  • TKI3G3 - DASAR PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini