ANALISIS PENGUKURAN PERMITIVITAS RELATIF PADA BAHAN TEKSTIL DENGAN METODE CAVITY REFLECTION TRANSMISSION PERTURBATION

WENDA ADI IRAWAN

Informasi Dasar

18.04.2322
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Informasi dari sifat karakteristik bahan dielektrik merupakan salah satu hal yang penting untuk mendesain penyerap yang dapat dipakai layaknya pakaian atau melekat pada tubuh (wearable). Data dari eksperimen ini dapat dipergunakan sebagai referensi untuk penggunaan sifat dielektrik lebih mendalam seperti nilai impedansi saluran dan refleksi. Kemudian bahan dielektrik dapat diteliti lebih lanjut dan bisa digunakan untuk menentukan bahan mana yang lebih baik untuk penggunaan antena, reflektor, maupun absorber. Bahan dielektrik memiliki sifat elektromagnetik berupa permitivitas relatif, permeabilitas relatif, dan konduktivitas. Permitivitas adalah suatu nilai konstanta dielektrik dari bahan yang menunjukkan kemampuan untuk menyimpan atau memantulkan gelombang elektromagnetik.
Pada tugas akhir ini akan melakukan analisis pengukuran eksperimental pada bahan dielektrik terutama pada permitivitas relatif dengan menggunakan metode cavity reflection/transmission perturbation. Metode tersebut diprediksi memiliki tingkat keakuratan yang tinggi dibandingkan dengan metode refleksi/transmisi. Pengukuran dilakukan dengan metode tersebut menggunakan rentang frekuensi 2-3 GHz. Hasil pengukuran dilakukan dengan simulasi menggunakan software 3D dan pengukuran langsung menggunakan Vector Network Analyzer.
Dalam tugas akhir ini diperoleh data hasil pengukuran permitivitas relatif menggunakan software simulasi 3D dan pengukuran langsung menggunakan VNA untuk bahan Epoxy FR4 dan Duroid RT5880. Permitivitas relatif dari hasil simulasi menggunakan software simulasi 3D untuk bahan Epoxy FR4 adalah 4,85 dan Duroid RT5880 adalah 2,66. Kemudian permitivitas relatif dari hasil pengukuran dengan menggunakan VNA untuk bahan Epoxy FR4 adalah 5,08 dan Duroid RT5880 adalah 2,75. Dan permitivitas relatif hasil pengukuran bahan tekstil menggunakan VNA diperoleh nilai permitivitas dari bahan drill, flanel, dan jeans secara berturut-turut adalah 8,22; 5,49; dan 3,01 pada range frekuensi 2-3 GHz. Kata Kunci : Rectangular Waveguide, Vector Network Analizer(VNA) Cavity Perturbation, Reflection/Transmission.

Subjek

ANTENNAS & PROPAGATION
 

Katalog

ANALISIS PENGUKURAN PERMITIVITAS RELATIF PADA BAHAN TEKSTIL DENGAN METODE CAVITY REFLECTION TRANSMISSION PERTURBATION
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WENDA ADI IRAWAN
Perorangan
BAMBANG SETIA NUGROHO, LEVY OLIVIA NUR
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • TTH3G3 - ANTENA DAN PROPAGASI
  • FEG2C3 - ELEKTROMAGNETIKA I
  • TTH3B3 - ELEKTROMAGNETIKA TELEKOMUNIKASI
  • TTH4B4 - TUGAS AKHIR
  • TTI3D3 - ELEKTROMAGNETIKA TELEKOMUNIKASI
  • TTI3K3 - ANTENA DAN PROPAGASI
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini