PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN KEPEMILIKAN ASING TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016)

SELMA CHAERUNISA

Informasi Dasar

18.04.2347
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penilaian atau kinerja menjadi suatu standar yang dimiliki perusahaan dalam menunjukan tingkat baik atau buruk suatu perusahaan, sehingga penilaian baik atau buruknya suatu perusahaan dapat dilihat dari laba yang diperolehnya. Selain itu perusahaan juga dituntut untuk fokus mengembangkan hubungan sosial pada kondisi ekternal perusahaan yang merupakan tanggung jawab sosial perusahaan kepada stakeholders. Kinerja keuangan adalah suatu analisis yang dilakukan untuk melihat sejauh mana suatu perusahaan telah melaksanakan dengan menggunakan aturan-aturan pelaksanaan keuangan secara baik dan benar. Pada penelitian ini kinerja keuangan diukur menggunakan Return On Asset (ROA). Return On Asset (ROA) dapat menggambarkan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan tingkat pengembalian atas asset menjadi laba bersih, dengan menggunakan Return On Asset (ROA) perusahaan dapat mengetahui tingkat efisiensi penggunaan asset dalam kegiatan operasional perusahaan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pengungkapan Corporate Sosial Responsibility (CSR), dan Kepemilikan Asing sebagai variabel independen. Kinerja Keuangan Perusahaan sebagai variabel dependen. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2016. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 10 perusahaan dalam kurun waktu tiga tahun sehingga didapat 30 unit sampel perusahaan periode 2014-2016. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh baik secara parsial maupun simultan antara variabel pengungkapan Corporate Sosial Responsibility (CSR), Kepemilikan Asing terhadap kinerja keuangan perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2014. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), Kepemilikan Asing berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Sedangkan secara parsial, Pengungkapan Corporate Social Responsibility berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan, dan Kepemilikan Asing berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan.

Kata Kunci: Kinerja Keuangan Perusahaan, Return On Asset, Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Kepemilikan Asing

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN KEPEMILIKAN ASING TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SELMA CHAERUNISA
Perorangan
DINI WAHJOE HAPSARI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini