Perkembangan internet di era globalisasi saat ini telah berkembang pesat, dalam lingkungan bisnis, penggunaan internet untuk kegiatan pemasaran, promosi dan penjualan menjadi poin penting. Pengguna internet di indonesia mencapai 104 juta orang pada tahun 2017 dan akan terus bertambah, hal ini membuat potensi untuk memanfaatkan internet sebagai media jual beli semakin terbuka lebar. Jual beli menggunakan media internet disebut dengan istilah e-commerce. Peluang bisnis tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh perusahaan besar, tetapi juga salah satunya unit mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk mengembangkan usahaanya.
Bearpath adalah UMKM yang bergerak dibidang penjualan sandal, untuk menghadapi permasalahan yang ada pada UMKM, pada penelitian Tugas Akhir ini akan dirancang e-commerce Bearpath dengan fitur customized product. Untuk membantu mengatasi kendala pada proses pendistribusian, pemasaran dan promosi, serta terdapat fitur Customized Product yang memungkinkan pelanggan melakukan kustomisasi pada produk yang disediakan. Fitur Customized product memungkinkan customer untuk melakukan kustomisasi model tali, model sol, dan warna pada produk sesuai pilihan yang disediakan. Customized product merupakan salah satu strategi untuk menambah tingkat kepuasan pelanggan dan memenuhi permintaan pasar. Perancangan e-commerce Bearpath ini menggunakan metode Waterfall. Pemilihan metode waterfall pada pada perancangan e-commerce Bearpath karena requirement jelas dan di definisikan di awal. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi website Bearpath yang diharapkan mampu mengatasi kendala umum yang dihadapi oleh UMKM dan mengembangkan bisnis yang dijalankan oleh Bearpath.