PERANCANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN COBIT 5 FRAMEWORK PADA DOMAIN BAI (BUILD, ACQUIRE, IMPLEMENT) (STUDI KASUS: PT LEN RAILWAY SYSTEMS)

CANADYA DWI ARDANI

Informasi Dasar

18.04.2448
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Len Railway Systems (PT. LRS) merupakan bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan pada tahun 2011 yang bergerak dalam bidang spesialisasi kereta api. Sebagai badan usaha yang memberikan pelayanan bukan hanya kepada masyarakat namun juga kepada pemerintah, PT. LRS dituntut untuk memberikan kualitas pelayanan sebaik-baiknya. Namun, berdasarkan hasil wawancara dengan pihak perusahaan, didapat bahwa kondisi IT belum terintegrasi satu dengan yang lainnya, karena setiap divisi memiliki bagian IT nya tersendiri dan IT belum memiliki suatu prosedur untuk dijadikan acuan dalam menjalankan kegiatan bisnis. Sehingga kondisi IT masih sebatas pendukung operasional perusahaan dan belum dapat memberikan nilai bagi perusahaan itu sendiri. Sehingga pada penelitian ini akan berfokus dalam memberikan usulan tata kelola TI berdasarkan COBIT 5 framework pada domain BAI (Build, Acquire, Implement) guna mendukung praktik tata kelola TI. Adapun hasil penelitian ini didapat dari studi lapangan dan studi pustaka untuk mengidentifikasi masalah yang ada pada perusahaan. Kemudian akan dilakukan assessment berdasarkan kondisi eksisting dengan kondisi ideal yang sesuai dengan COBIT 5 dan akan menghasilkan suatu kesenjangan yang harus dipenuhi oleh pihak perusahaan. Hasil dari penelitian ini yaitu akan membuat rekomendasi struktur organisasi, deskripsi kerja, kebijakan tata kelola, standar operasional prosedur dan key performance indicator yang diharapkan dapat membantu IT pada perusahaan untuk memberikan suatu nilai dalam mendukung kegiatan bisnis. Hasil rekomendasi pada penelitian ini sudah dilakukan proses validasi dan verifikasi oleh pihak PT. LRS dengan menilai kesesuaian dengan kebutuhan bagian IT pada saat ini dan untuk mendukung perusahaan dalam penerapan tata kelola TI sebagaimana peraturan pemerintah BUMN bahwa setiap perusahaan BUMN harus menerapkan tata kelola TI untuk mendukung proses bisnisnya.

Kata Kunci: Tata Kelola Teknologi Informasi, COBIT 5, BAI, BUMN.

Subjek

Information system management
 

Katalog

PERANCANGAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN COBIT 5 FRAMEWORK PADA DOMAIN BAI (BUILD, ACQUIRE, IMPLEMENT) (STUDI KASUS: PT LEN RAILWAY SYSTEMS)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CANADYA DWI ARDANI
Perorangan
Yuli Adam Prasetyo, Anwar Sadat
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2018

Koleksi

Kompetensi

  • IS2423 - SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
  • ISG3L3 - TATA KELOLA DAN MANAJEMEN TEKNOLOGI INFORMASI
  • ISH4V3 - TEKNIK AUDIT DAN KONTROL SISTEM INFORMASI
  • ISH4G4 - TUGAS AKHIR
  • ISI4P3 - TEKNIK AUDIT DAN KONTROL SISTEM INFORMASI
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini