Batik merupakan warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia. Teknik pembuatannya dengan menuangkan cairan malam dengan motif yang diinginkan pengrajin. Keanekaragaman hayati di Indonesia juga bisa menjadi acuan untuk mengembangkan motif batik yang baru. Salah satunya dengan menggunakan karang sebagai motif batik.
Dengan berkembangnya dunia komputasi, banyak metode yang telah dirancang untuk membuat desain motif batik. Salah satu metode yang dapat dipakai untuk membuat desain motif batik dengan L-systems. L-systems merupakan teori matematika yang diaplikasikan dalam aplikasi grafis di komputer. Area utama pengembangan modelnya meliputi generasi fractal dan pemodelan tanaman yang realistis.
Pada tugas akhir ini dibuat pemodelan batik berdasarkan karang berjenis Euphyllia Ancora dengan metode L-systems berbasis web. Penggunaan metode Lsystems untuk mempermudah pembuatan desain motif batik yang baru. Tujuan dari tugas akhir ini adalah pengembangan motif karang Euphyllia Ancora pada aplikasi motif batik berbasis web. Hasil dari penelitian tugas akhir ini adalah terciptanya desain motif batik dengan karang Euphyllia Ancora berbasis web. Dalam pengembangannya beberapa operasi matematika digunakan untuk melakukan beberapa fungsi, seperti menghasilkan motif karang dan latar belakang. Bentuk karang terbentuk dari empat node yang membentuk sebuah lingkaran bunga. Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan, 100 % penyurvei setuju karang dijadikan salah satu pengembangan motif batik, dan 70 % setuju pengembangan motif batik berbasis karang jenis Euphyllia Ancora sudah mirip dengan bentuk karang yang asli.
Keyword : Batik, L-systems, Aplikasi Web, Karang, Fractal.