KONSEP UPCYCLE SEBAGAI ALTERNATIF SOLUSI PEMANFAATAN LIMBAH KEBAYA LAMA

HANA HANIFAH

Informasi Dasar

18.04.2557
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kebaya merupakan salah satu busana wanita khas dari Indonesia yang terus mengalami perkembangan. Seiring berkembangnya zaman, terdapat unsur-unsur baru yang mempengaruhi perkembangan kebaya, yang menjadikan tampilan kebaya semakin modern dan mewah. Dengan semakin berkembangnya inovasi-inovasi desain pada busana kebaya, hal ini menyebabkan permintaan konsumen kebaya pada penyedia kebaya terus mengalami perubahan. Pada akhirnya, kebaya-kebaya yang sudah tidak digunakan lagi menjadi limbah dikarenakan modelnya yang semakin ketinggalan zaman.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tahapan-tahapan memanfaatkan limbah kebaya lama dari penyedia kebaya atau rumah kebaya dengan menggunakan konsep upcycle. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengolah kembali material limbah kebaya yang masih bagus kembali ke ruang produksi untuk keberlanjutan pemakaiannya.

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pemanfaatan limbah kebaya lama dengan metode upcycle dapat berupa penggabungkan beberapa busana limbah kebaya dengan teknik tekstil surface design dan fabric manipulation.

Kata kunci: upcycle, limbah kebaya, surface design.

Subjek

CRAFT, TEXTILE, FASHION
 

Katalog

KONSEP UPCYCLE SEBAGAI ALTERNATIF SOLUSI PEMANFAATAN LIMBAH KEBAYA LAMA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HANA HANIFAH
Perorangan
ARINI ARUMSARI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Flipbook

anda harus log in untuk mengakses flippingbook

Lainnya

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini