Peramalan Harga Cabai Menggunakan Hybrid Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA) dan Radial Basis Function Neural Network (RBFNN)

BILLY NANDA SARI

Informasi Dasar

18.04.2572
006.32
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Indonesia adalah negara dengan tingkat pertanian yang tinggi karena memiliki kekayaan sumber daya alam. Petani Indonesia banyak yang menanam tanaman untuk kebutuhan bahan pangan yang dibutuhkan oleh masyarakat, akan tetapi hasil panen dari petani tidak selalu sesuai dengan yang diharapkan karena harga komoditas pada hasil panen tersebut fluktuatif. Fluktuatif merupakan tidak stabilnya harga sehingga membuat para petani merugi. Harga yang fluktuatif ditentukan oleh kualitas pertumbuhan dimana kualitas pertumbuhan dipengaruhi cuaca khususnya curah hujan. Oleh karena itu, pada tugas akhir ini menyelesaikan masalah peramalan harga komoditas pada cabai dan curah hujan dengan menggunakan metode Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA), Radial Basis Function Neural Network (RBFNN), hybrid Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA) dan Radial Basis Function Neural Network (RBFNN). Hasil analisa peramalan menunjukkan bahwa data harga cabai berdasarkan RMSE yang terkecil didapatkan dari metode ARIMA dimana nilai RMSE sebesar 10486.8. Sedangkan pada data curah hujan berdasarkan RMSE dari metode RBFNN dimana nilai RMSE sebesar 162.2.

Subjek

NEURAL NETWORKS
 

Katalog

Peramalan Harga Cabai Menggunakan Hybrid Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA) dan Radial Basis Function Neural Network (RBFNN)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BILLY NANDA SARI
Perorangan
Fhira Nhita, Aniq Atiqi Rohmawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2018

Koleksi

Kompetensi

  • CNH4S3 - ANALISIS TIME SERIES
  • IKG4I3 - SOFT COMPUTING

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini