ABSTRAK
PERANCANGAN KAMPANYE PENCEGAHAN OBESITAS PADA BALITA MELALUI METODE PIRING SEHAT DI KOTA BANDUNG
Angka obesitas balita di Kota Bandung cukup tinggi. Obesitas pada balita terjadi jika makanan sehari-harinya mengandung energi yang melebihi kebutuhan. Ibu merupakan orang yang paling berpengaruh terhadap kesehatan balita. Di Indonesia terdapat asumsi ibu bahwa balita yang gemuk itu adalah balita yang sehat dan lucu. Kebanyakan ibu di Indonesia akan merasa bangga bila memiliki anak balita yang bertubuh gemuk atau gendut, karena dianggap sangat sehat, lucu dan menggemaskan. Anggapan ini mengakibatkan ibu-ibu tidak memperhatikan gizi seimbang dalam pemberian pola makan pada anak. Fenomena ini dapat dicegah dengan diadakannya Kampanye Pencegahan Obesitas Balita Melalui Metode Piring Sehat di Kota Bandung. Menggunakan metode kualitatif dan pengumpulan data melalui studi pustaka dan wawancara kepada staff dinas kesehatan dan dokter ahli gizi, ditemukan cara yang tepat dalam memberikan informasi mencegah obesitas balita dengan cara menjaga porsi makan balita. Tujuan dari Perancangan Kampanye ini adalah memberikan ide kreatif dalam kampanye kesehatan yang sesuai dengan khalayak sasaran agar fenomena obesitas balita dapat dicegah. Hasil dari perancangan kampanye ini adalah kampanye sosial yang terintegrasi dengan media utama berupa aplikasi. Diharapkan perancangan kampanye ini dapat membantu desainer komunikasi visual dalam menyelesaikan permasalahan serupa.
Kata Kunci : Kampanye sosial, Advertising, Obesitas, Balita, Porsi makan