Identifikasi at-risk learner pada Ubiquitous Learning dengan Menggunakan Teknik Data Mining

IQBAL MAULANA

Informasi Dasar

77 kali
18.04.2669
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada lingkungan pembelajaran ubiquitous learning terdapat siswa yang lulus mengikuti kelas pembelajaran, ada juga yang gagal. Dalam beberapa tahun terakhir ini, studi telah menunjukan minat dan perhatian yang terus meningkat dari berbagai negara mengenai tingginya ketidaklulusan siswa. Berbagai cara dilakukan untuk membantu siswa, salah satunya dengan identifikasi siswa yang berisiko gagal suatu course. Pada penelitian tugas akhir ini telah dilakukan studi implementasi data mining untuk memprediksi siswa beresiko gagal pada sebuah matakuliah. Teknik data mining akan menghasilkan representasi model, yang diperoleh dari data-data siswa, untuk mengidentifikasi siswa yang beresiko gagal. Metode data mining yang digunakan adalah klasifikasi dengan menggunakan algoritma Naïve-Bayes. Parameter-parameter pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah assessment, IPK, tingkat learning style siswa dan demografi siswa dengan keluaran berupa prediksi lulus atau gagal dari suatu mata kuliah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah identifikasi siswa beresiko gagal pada sistem ubiquitous learning dengan menggunakan teknik data mining.

Subjek

DATA MINING
 

Katalog

Identifikasi at-risk learner pada Ubiquitous Learning dengan Menggunakan Teknik Data Mining
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IQBAL MAULANA
Perorangan
DADE NURJANAH
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • CDG4K3 - DATA MINING
  • CSH3L3 - PEMBELAJARAN MESIN
  • CII3C3 - PEMBELAJARAN MESIN
  • CPI3C3 - PEMBELAJARAN MESIN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini