Analisis Pelabelan dalam Klasifikasi Sentimen Ulasan Produk dengan Menggunakan Algoritma Multinomial Naïve Bayes

VICHA OCTAVIA TAMA

Informasi Dasar

137 kali
18.04.2679
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring dengan perkembangan teknologi, e-commerce turut mengalami perkembangan yang cukup pesat. Keberadaan e-commerce menjadi alternatif lain konsumen untuk mempermudah mereka berbelanja memenuhi kebutuhannya. Setelah membeli barang, konsumen bebas melakukan penilaian terhadap produk yang mereka beli. Ulasan produk dan rating yang diberikan oleh konsumen merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan dan dapat pula digunakan untuk menentukan keputusan dalam pembelian suatu produk dengan membaca ulasan produk tersebut. Namun dengan menggunakan rating dan ulasan saja tidak cukup untuk menyimpulkan pendapat seseorang. Maka dari itu pada Tugas Akhir ini dibangun sistem yang dapat mengklasifikasikan opini terhadap ulasan produk menjadi sentimen positif dan negatif dengan memanfaatkan rating. Dataset yang digunakan adalah Grocery and Gourmet Food dari Amazon sebanyak 50.000 yang kemudian akan dilabeli menggunakan Metode Pelabelan Average dan Binary. Klasifikasi opini ini menggunakan pendekatan Supervised learning Algoritma Multinomial Naïve Bayes. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa pelabelan menggunakan Metode Average cocok untuk mengolah Dataset Grocery and Gourmet Food dan membuktikan bahwa jumlah terbaik penggunaan feature selection sebesar 20% berhasil menghasilkan akurasi sebesar 80.48%.

Subjek

Text mining
 

Katalog

Analisis Pelabelan dalam Klasifikasi Sentimen Ulasan Produk dengan Menggunakan Algoritma Multinomial Naïve Bayes
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

VICHA OCTAVIA TAMA
Perorangan
YULIANT SIBARONI, ADIWIJAYA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini