Analisis Sentimen pada Ulasan Hotel Menggunakan Multinomial Naïve Bayes Classifier

ARIF ABDURRAHMAN FARISI

Informasi Dasar

157 kali
18.04.2687
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada zaman sekarang internet sudah berkembang dengan cepat. Adanya internet dapat memudahkan wisatawan untuk mencari informasi apapun. Di bidang pariwisata hotel, internet sangat membantu dalam promosi hotel. Wisatawan biasanya menceritakan pengalaman selama di hotel dengan menuliskan ulasan di internet. Oleh karena itu banyak ditemukan ulasan hotel di internet. Dampak pada pemilik hotel adalah mereka dapat memanfaatkan ulasan yang ada di internet untuk memperbaiki dan mengevaluasi hotelnya. Dengan tersedianya ulasan di internet dengan jumlah yang besar, wisatawan tidak bisa memahami semua ulasan yang dibacanya apakah mengandung opini positif atau negatif. Dibutuhkan analisis sentimen untuk mendeteksi ulasan positif dan negatif secara cepat. Penelitian ini memberikan solusi dengan membuat klasifikasi ulasan opini positif dan opini negatif menggunakan metode Multinomial Naïve Bayes Classifier dan membandingkan model menggunakan preprocessing, Bag-of-Words, seleksi fitur frequency based, dan seleksi fitur selisih probabilitas positif dan negatif yang minimal. Hasil percobaan terbaik menggunakan preprocessing dan seleksi fitur frequency based dengan 10 fold cross validation memiliki rata rata F1-Score sebesar 91.414%.

Kata kunci : internet, pariwisata, multinomial naïve bayes classifier, analisis sentimen, ekstraksi fitur, seleksi fitur

Subjek

ANALYSIS
 

Katalog

Analisis Sentimen pada Ulasan Hotel Menggunakan Multinomial Naïve Bayes Classifier
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARIF ABDURRAHMAN FARISI
Perorangan
YULIANT SIBARONI, SAID AL FARABY
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini