Rekomendasi Proses Bisnis Refund Berdasarkan Kolaborasi Technology Acceptance Model (TAM) dengan Unified Modeling Language (UML) pada Situs KAI

ERA PANCA RAMADANTI

Informasi Dasar

104 kali
18.04.2706
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam kehidupan sehari-hari saat ini, semua aktifitas dituntut agar dapat dilakukan secara fleksibel dan cepat. Salah satu contoh kegiatan yang saat ini masih menggunakan sistem konvensional adalah transaksi refund atau pengembalian dana pada jasa perkeretapian Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana proses bisnis pengembalian dana yang sudah ada, (2) mengetahui tanggapan pengguna jasa KAI mengenai refund online, (3) mengetahui tanggapan satff KAI mengenai refund online, dan (4) mengetahui bagaimana rencana proses bisnis refund online. Dalam penelitian ini akan melakukan analisis proses bisnis yang sedang terjadi dan kemudian melakukan pembuatan rekayasa proses bisnis untuk refund pada PT Kereta Api Indonesia dimana saat ini masih konvensional agar menjadi sistem yang terintegrasi dengan internet dan dapat dilakukan lebih mobile. Pengumpulan data dilakukan dengan cara triangulasi dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari penelitian didapatkan hasil saat ini refund pada KAI masih memiliki masalah yaitu dalam hal fleksibilitas dan transfer ulang apabila terdapat gagal transfer. Dari hasil wawancara yang dilakukan, pihak KAI menginginkan proses bisnis yang dapat menghilangkan terjadinya pembebanan ulang biaya gagal transfer kaerna administrasi bank. Dari segi pengguna jasa KAI juga menyambut positif adanya rancangan refund online. Rekomendasi proses bisnis yang baru akan dibuat dengan menggunakan acuan hal tersebut agar dapat diperbaiki. Adapun rekomendasi ini adalah menggunakan fitur saldo akun, penghilangan transaksi secara tunai, dan ditiadakannya transfer ulang. Proses bisnis tersebut digambarkan menggunakan unified modeling language berupa use case diagram, use case scenario, dan activity diagram.

Kata kunci: Proses Bisnis, unified modeling language, Pengembalian Dana, Technology Acceptance Model

Subjek

Business-process analysis
 

Katalog

Rekomendasi Proses Bisnis Refund Berdasarkan Kolaborasi Technology Acceptance Model (TAM) dengan Unified Modeling Language (UML) pada Situs KAI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ERA PANCA RAMADANTI
Perorangan
YUDI PRIYADI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini