Persaingan yang kompetitif pada industri bisnis membuat setiap
pelaku bisnis harus memiliki pemikiran yang kritis dan pemanfaatan
pengelolaan sumber daya perusahaan yang tepat dan efisien serta mampu
menganalisa peluang usaha secara optimal. Ditengah persaingan yang
ada, PT Telkomsel masih menjadi market leader dalam industri
telekomunikasi. Telkomsel memiliki financial performance yang sangat
baik sehingga pertumbuhannya disebut sebagai perusahaan yang
mengalami triple double-digit growth. Pada penelitian ini akan dilakukan
identifikasi hubungan antara saluran distribusi, harga, dan teknologi
informasi terhadap financial performance, dalam kasus ini PT Telkomsel.
Hal ini agar perusahaan dapat terus mempertahankan financial
performance yang mereka miliki berdasarkan variabel yang diteliti.
Penelitian ini dikelompokkan sebagai penelitian eksplanatori dengan
tujuan untuk mengidentifikasi hubungan antar variabel. Hipotesis dalam
penelitian ini akan dianalisis melalui regresi berganda. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa saluran distribusi dan harga memiliki pengaruh
positif yang signifikan terhadap financial performance. Sementara
teknologi informasi tidak memberikan kontribusi yang signifikan
terhadap financial performance dimana teknologi informasi kini telah
menjadi lebih terjangkau dan tersedia secara universal oleh banyak
perusahaan sehingga tidak mempengaruhi secara signifikan dalam hal
rasio keuntungan. Namun Telkomsel tetap melakukan investasi pada
teknologi informasinya guna mempertahankan keunggulan kompetitif dari
kemampuan teknologi informasi yang mereka miliki.
Kata Kunci : Saluran distribusi, Harga, Teknologi informasi, Financial
performance