RANCANGAN PERBAIKAN PROSES PRODUKSI KEMEJA UNTUK MEMINIMASI WASTE DEFECT MENGGUNAKAN METODE LEAN MANUFACTURING (Studi Kasus PT Sansan Saudaratex Jaya)

DWIYA NARINDRA GARINI

Informasi Dasar

34 kali
18.04.2737
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Sansan Saudaratex Jaya merupakan sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang industri tekstil dan garmen yang memproduksi berbagai macam produk seperti jaket, kemeja, celana dan lain-lain. Pada penelitian ini, penelitian akan difokuskan pada hasil produksi produk kemeja. Pada kenyataanya, ditemukannya defect produksi yang sangat mempengaruhi kualitas hasil produksi. Berdasarkan permasalahan tersebut akan diberikan sebuah usulan perbaikan untuk dapat mereduksi defect rate pada produksi kemeja di perusahaan ini dengan pendekatan metode Lean Manufacturing. Tahapan awal yang akan dilakukan pada penelitian ini adalah pengumpulan data primer dan data sekunder yang akan didapatkan dari perusahaan dan dari hasil observasi yang dilakukan saat penelitian berlangsung di perusahaan. Setelah pencarian data, akan dilakukan penggambaran Value Stream Mapping (VSM) dan Process Activity Mapping (PAM) current state yang dapat mengetahui mengenai waktu dari setiap aktivitas yang dilakukan oleh operator. Waktu dari aktivitas yang dilakukan mencakup Value Added Time sebesar 11024.39187 detik, Necessary-Non Value Added Time sebesar 77.26379709 detik, dan Non-Value Added Time sebesar 552.6989039 detik. Setelah tahap penggambaran VSM dan PAM, selanjutnya akan dilakukan penggambaran menggunakan Fishbone dan 5Whys yang bertujuan untuk melihat akar penyebab dari sebuah permasalahan. Lalu, akan dilakukannya perbaikan terhadap permasalahan untuk mengatasi defect dengan membuat alat bantu jahit dan membuat instruksi kerja yang telah disesuaikan dengan kondisi yang ada di perusahaan.

Kata kunci : Lean Manufacturing, Defect, Value Stream Mapping, Process Activity Mapping, Fishbone Diagram, 5Whys.

Subjek

LEAN MANUFACTURING
 

Katalog

RANCANGAN PERBAIKAN PROSES PRODUKSI KEMEJA UNTUK MEMINIMASI WASTE DEFECT MENGGUNAKAN METODE LEAN MANUFACTURING (Studi Kasus PT Sansan Saudaratex Jaya)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DWIYA NARINDRA GARINI
Perorangan
RINO ANDIAS A., WIDIA JULIANI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini