PERUMUSAN MANAJEMEN STRATEGI UNTUK MENINGKATAN PENDAPATAN CV BINTANG JAYA PERKASA MENGGUNAKAN TEKNIK QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM)

MUHAMMAD ARIF WICAKSONO

Informasi Dasar

18.04.2744
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

CV Bintang Jaya Perkasa merupakan suatu perusahaan yang bergerak dibidang jasa yaitu penyewaan forklift yang terletak di daerah Rancaekek. Perusahaan CV Bintang Jaya Perkasa memiliki 11 unit forklift dengan kapasitas dari 2 sampai dengan 7 ton. CV Bintang Jaya Perkasa merupakan satu – satunya perusahaan jasa penyewaan forklift di Rancaekek yang merupakan daerah perindustrian. Hal yang merupakan keuntungan tersendiri bagi perusahaan ini belum dapat memaksimalkan peluang yang ada dimana terdapat pasar sebesar 84,8%, atau 28 dari 33 perusahaan, di Rancaekek yang membutuhkan jasa penyewaan forklift setiap harinya. Permasalahan yang dialami oleh perusahaan saat ini adalah pendapatan yang belum maksimal dikarenakan masih banyak peluang yang belum dicapai oleh perusahaan. Oleh karena diperlukannya penerapan strategi yang tepat guna untuk meningkatkan pendapatan CV Bintang Jaya Perkasa, maka digunakan pendekatan teknik Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Penelitian ini bertujuan untuk membantu perusahaan untuk meningkatkan pendapatan dengan menggunakan perhitungan Attractiveness Scores dan Total Attractiveness Scores dalam teknik Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Sebelum mencapai perhitungan Attractiveness Scores dalam teknik Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM), digunakan beberapa tahap terlebih dahulu, yaitu total skor IFAS dan total skor EFAS dalam Matriks IE. Kemudian, analisis SWOT digunakan untuk mengidentifikasikan kekuatan dan kelemahan internal perusahaan dalam menghadapi peluang dan ancaman eksternal perusahaan. Hasil perhitungan dari teknik Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) mendapatkan tiga usulan dengan nilai Total Attractiveness Scores terbesar dari delapan strategi yang dihasilkan dari analisis SWOT.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM)?

Subjek

STRATEGY MARKETING
 

Katalog

PERUMUSAN MANAJEMEN STRATEGI UNTUK MENINGKATAN PENDAPATAN CV BINTANG JAYA PERKASA MENGGUNAKAN TEKNIK QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD ARIF WICAKSONO
Perorangan
HUSNI AMANI, RIO AURACHMAN
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini