SENTIMENT ANALYSIS UNTUK MENGETAHUI PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP SENTIMEN PUBLIK DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE (STUDI KASUS: KFC SALTED EGG CHICKEN)

FRANSISKA JESINTA PINEM

Informasi Dasar

18.04.2749
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Celebrity endorsement merupakan sebuah fenomena di mana suatu perusahaan mengiklankan produknya dengan menggunakan jasa selebriti, di mana selebriti tersebut memanfaatkan popularitasnya untuk mempromosikan sebuah brand atau produk dari perusahaan tersebut. Pada penelitian ini, KFC melakukan celebrity endorsement untuk mempopulerkan menu tersebut. KFC memilih untuk bekerja sama dengan Raditya Dika untuk mempromosikan menu terbaru mereka, yaitu KFC Salted Egg Chicken. Penelitian ini akan meneliti apakah pada kasus tersebut terdapat perubahan sentimen masyarakat terhadap produk setelah dilakukannya celebrity endorsement. Hal tersebut dapat dilakukan dengan Sentiment analysis. Metode atau algoritma yang digunakan pada penelitian ini adalah Support Vector Machine. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data komentar mengenai KFC Salted Egg Chicken. dari Youtube dan tweet dari Twitter. Tahapan dalam melakukan sentiment analysis dalam penelitian ini adalah preprocessing teks, ekstraksi fitur, klasifikasi, dan evaluasi. Model yang dihasilkan diuji dan dievaluasi dengan melihat nilai akurasi, presisi, recall, dan f1-measure. Pengujian ini menghasilkan akurasi 67,83%, precision 69% , recall 68% , dan f1-meausure 66% pada periode sebelum endorsement; dan akurasi 74.06%, precision 74%, recall 74%, dan f1-measure 74% pada periode sesudah endorsement. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perubahan pada sentimen masyarakat dari netral menjadi negatif mengenai produk tersebut setelah dilakukannya celebrity endorsement. Kata kunci: sentiment analysis, celebrity endorsement, social media, support vector machine

Subjek

Text mining
 

Katalog

SENTIMENT ANALYSIS UNTUK MENGETAHUI PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP SENTIMEN PUBLIK DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE (STUDI KASUS: KFC SALTED EGG CHICKEN)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FRANSISKA JESINTA PINEM
Perorangan
RACHMADITA ANDRESWARI, MUHAMMAD AZANI HASIBUAN
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • ISH4N3 - PENGGALIAN DATA DAN ANALITIKA BISNIS
  • ISH4G4 - TUGAS AKHIR
  • IEH3N2 - PRAKTIKUM PERANCANGAN BISNIS DAN FASILITAS INDUSTRI
  • IEH4G2 - PERANCANGAN PROSES BISNIS
  • IEH4CC3 - PERANCANGAN PROSES BISNIS LANJUT
  • IEH4EF3 - SISTEM BISNIS RETAIL
  • IEH4GB5 - PENGEMBANGAN INISIATIF BISNIS
  • IEI5F3 - PERANCANGAN PROSES BISNIS
  • IEI443 - PENGEMBANGAN INISIATIF BISNIS
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini