Celebrity endorsement merupakan sebuah fenomena di mana suatu perusahaan
mengiklankan produknya dengan menggunakan jasa selebriti, di mana selebriti
tersebut memanfaatkan popularitasnya untuk mempromosikan sebuah brand atau
produk dari perusahaan tersebut. Pada penelitian ini, KFC melakukan celebrity
endorsement untuk mempopulerkan menu tersebut. KFC memilih untuk bekerja
sama dengan Raditya Dika untuk mempromosikan menu terbaru mereka, yaitu KFC
Salted Egg Chicken. Penelitian ini akan meneliti apakah pada kasus tersebut
terdapat perubahan sentimen masyarakat terhadap produk setelah dilakukannya
celebrity endorsement. Hal tersebut dapat dilakukan dengan Sentiment analysis.
Metode atau algoritma yang digunakan pada penelitian ini adalah Support Vector
Machine. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data komentar mengenai
KFC Salted Egg Chicken. dari Youtube dan tweet dari Twitter. Tahapan dalam
melakukan sentiment analysis dalam penelitian ini adalah preprocessing teks,
ekstraksi fitur, klasifikasi, dan evaluasi. Model yang dihasilkan diuji dan dievaluasi
dengan melihat nilai akurasi, presisi, recall, dan f1-measure. Pengujian ini
menghasilkan akurasi 67,83%, precision 69% , recall 68% , dan f1-meausure 66%
pada periode sebelum endorsement; dan akurasi 74.06%, precision 74%, recall
74%, dan f1-measure 74% pada periode sesudah endorsement. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa ada perubahan pada sentimen masyarakat dari netral menjadi
negatif mengenai produk tersebut setelah dilakukannya celebrity endorsement.
Kata kunci: sentiment analysis, celebrity endorsement, social media, support vector
machine