Sesuai dengan visinya yaitu menjadi world class university, Universitas Telkom sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia perlu melakukan pengembangan kualitas dari segala aspek secara terus menerus. Mahasiswa sebagai calon lulusan menjadi salah satu faktor yang paling dominan dalam menentukan kualitas sebuah perguruan tinggi. Employability skill didefinisikan sebagai serangkaian pencapaian, pemahaman dan atribut pribadi yang membuat individu lebih cenderung mendapatkan pekerjaan dan sukses dalam pekerjaan yang dipilih setelah menyelesaikan atau lulus dari perguruan tinggi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi dan knowledge mengenai berbagai kegiatan mahasiswa dalam perguruan tinggi yang berpengaruh terhadap tingkat pecapaian employability skill mahasiswa untuk melakukan perancangan program pengembangan employability skill mahasiswa. Proses untuk mendapatkan informasi dan knowledge dilakukan dengan menggunakan metode knowledge conversion 5C-4C. Data awal yang digunakan adalah data hasil kuesioner tingkat pencapaian employability skill mahasiswa Teknik Industri Universitas Telkom angkatan 2014 sebanyak 191 mahasiswa. Data TAK dan IPK mahasiswa juga ikut digunakan sebagai data pendukung kegiatan akademik dan non-akademik mahasiswa selama menjalankan perkuliahan.
Hasil knowledge yang didapatkan pada penelitian ini yaitu skala proritas dari faktor employability skill mahasiswa yang perlu dikembangkan beserta variabel aktivitas mahasiswa yang berhubungan. Knowledge tersebut dijadikan sebagai dasar dalam merancang program pengembangan employability skill mahasiswa Teknik Industri Universitas Telkom.
Kata kunci: Employability skill, Knowledge Conversion 5C-4C, Model Pengembangan Mahasiswa