Yukcetak merupakan sebuah startup yang bergerak pada bidang percetakan yang menawarkan jasa percetakan berbasis online dengan berbagai variasi produk percetakan. Seiring dengan berjalanya waktu semakin banyak pesaing yang memasuki bisnis percetakan online dengan perkembangan yang cukup pesat. Agar Yukcetak dapat bertahan dalam persaingan diperlukan strategi bisnis yang dapat mengevaluasi keseluruhan aspek bisnis yang dijalankan Yukcetak. Berdasarkan hal tersebut maka dibutuhkan adanya analisa terhadap model bisnis yang dijalankan oleh Yukcetak sehingga dapat dilakukan desain dan improvement dari model bisnis yang sudah ada.
Business Model Canvas dipilih sebagai metode yang digunakan untuk memetakan sembilan blok aspek bisnis yang dijalankan Yukcetak. Sembilan blok tersebut terdiri dari Customer Segments, Value Propositions, Channels, Key Activities, Key Resources, Key Partnership, Revenue Streams, dan Cost Structure.
Kesembilan blok tersebut akan dianalisis dan diolah menggunakan tools analisis lingkungan dan analisis SWOT. Analisis lingkungan pada model bisnis digunakan untuk memetakan empat pada lingkungan perusahaan seperti Market Force, Key Trend, Industry Force, dan Macro-Economy Force. Setelah itu akan dilakukan analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang terdapat pada model bisnis eksisting Yukcetak.
Kata Kunci: Business Model Canvas, Analisis Lingkungan, Analisis SWOT