Usaha Kecil Menengah (UKM) Ikhlas Quail Farm merupakan sebuah usaha yang memproduksi produk telur puyuh yang memiliki potensi untuk berkembang. UKM Ikhlas Quail Farm memiliki target untuk meningkatkan penjualan dan melakukan perluasan area pamasaran, salah satu solusi yang dapat dilakukan yaitu merancang program komunikasi pemasaran. Namun UKM Ikhlas Quail Farm memiliki keterbatasan dalam hal pengetahuan akan komunikasi pemasaran pada produk yang dimilikinya. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian untuk merumuskan rancangan komunikasi pemasaran usulan yang baik yang nantinya dapat diimplementasikan oleh UKM Ikhlas Quail Farm agar dapat memperluas area pemasarannya untuk meningkatkan penjualan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan benchmarking terhadap UKM pesaing yang memiliki produk serupa dan telah sukses dalam melakukan komunikasi pemasaran. Metode benchmarking yang dilakukan yaitu dengan mengumpulkan informasi dari produk pesaing melalui wawancara mendalam dan observasi serta data-data lainnya yang memiliki informasi terpercaya seperti buku dan literatur.
Berdasarkan hasil benchmarking program komunikasi pemasaran yang dapat diterapkan oleh UKM Ikhlas Quail Farm ialah internet marketing dengan menggunakan media sosial facebook, promosi penjualan dengan memberikan sample produk pada saat pameran, program reseller untuk memperluas area pemasaran serta melakukan penyebaran brosur sebagai media informasi dan sarana pemasaran.
Kata Kunci: UKM Ikhlas Quail Farm, program komunikasi pemasaran, benchmarking.