ANALISIS DAN PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PADA FUNGSI PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DENGAN PENDEKATAN TOGAF ADM (STUDI KASUS: PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA RAHARJA KABUPATEN BANDUNG)

I GUSTI PUTU BAYU SUWARBAWA PUTRA

Informasi Dasar

18.04.2798
658.403 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Raharja merupakan perusahaan BUMN yang betanggung jawab untuk pendistribusian air bersih di daerah Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Cimahi yang sudah berdiri sejak Tahun 1926. Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Raharja memiliki visi dengan pelayanan prima menjadi PDAM termaju dan berdaya saing. Demi terwujudnya visi tersebut, Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Raharja harus selalu melakukan peningkatan terutama dalam fungsi penelitian dan pengembangan. Penelitian dan pengembangan merupakan fungsi yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan internal perusahaan dan juga melakukan penelitian yang dapat menyokong strategi bisnis perusahaan. Untuk meningkatkan kinerja dan performa maka diperlukan sistem informasi yang terintegrasi sebagai penunjang fungsi penelitian dan pengembangan. Dalam perancangan sistem informasi seringkali tidak memenuhi apa yang dibutuhkan oleh perusahaan, maka sebelum masuk ke dalam tahap pengembangan sistem, diperlukan perancangan enterprise architecture.

Perancangan enterprise architecture untuk sistem informasi Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Raharja pada fungsi penelitian dan pengembangan menggunakan TOGAF ADM, karena fleksibel dan iteratif, dan juga dapat memenuhi kebutuhan dalam pengembangan enterprise architecture. Dalam kajian kali ini akan menggunakan TOGAF ADM dalam merancang enterprise architecture, yaitu fase Premilinary Architecture Vision, Business Architecture, Information System Architecture, Technology Architecture, Opportunities and Solutions dan Migration Planning dengan membandingkan keadaan existing dan keadaan target. Adapun arsitektur yang akan dibuat pada kajian adalah arsitektur data, arsitektur bisnis, arsitektur sistem informasi (arsitektur aplikasi dan arsitektur teknologi), arsitektur peluang dan solusi, dan arsitektur migrasi. Keluaran pada penelitian ini yaitu berupa blueprint arsitektur dan IT Roadmap sebagai dasar integrasi strategi IT dengan strategi bisnis di Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Raharja, dimana Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Raharja ingin memiliki blueprint dan IT roadmap bagi perusahaannya.

Kata kunci: Penelitian dan Pengembangan, enterprise architecture, TOGAF ADM, Perusahaan Daerah Air Minum, PDAM, teknologi informasi, IT roadmap

Subjek

ENTERPRISE-ARCHITECTURE
INFORMATION MANAGEMENT,

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PADA FUNGSI PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DENGAN PENDEKATAN TOGAF ADM (STUDI KASUS: PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA RAHARJA KABUPATEN BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I GUSTI PUTU BAYU SUWARBAWA PUTRA
Perorangan
SONI FAJAR SURYA GUMILANG, ASTI AMALIA NUR FAJRILLAH
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini