PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ASRAMA UNIVERSITAS TELKOM TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PENGHUNI ASRAMA ANGKATAN 2017/2018

RIZAL FATONY

Informasi Dasar

18.04.2856
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Universitas Telkom sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Bandung Jawa Barat yang memiliki jumlah mahasiswa existing sebanyak 23.000 orang dan setiap tahunnya mampu menyerap sebanyak 6.000 mahasiswa baru dari berbagai daerah. Potensi ini sudah terlihat sejak Universitas Telkom masih menjadi empat institusi besar dibawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom (YPT). Berdasarkan potensi tersebut, maka jajaran pimpinan YPT memutuskan untuk memberikan service dan pembinaan terbaik kepada mahasiswa dengan cara membuat program asrama satu tahun bagi mahasiswa baru untuk mendapatkan pembinaan dan pelatihan softskill sebagai modal dasar mahasiswa mengikuti perkuliahan di kampus dan bekal ketika nanti lulus dari perguruan tinggi. Asrama Universitas Telkom yang memiliki kapasitas sebanyak 376 penghuni disetiap gedungnya serta memiliki beberapa fasilitas yang telah dilakukan oleh PT. Trengginas Jaya selaku pengelola untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa baru. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh simultan dan parsial dari elemen-elemen kualitas pelayanan asrama terhadap kepuasan mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif kausal dengan metode regresi linier berganda. Populasi yaitu penghuni asrama Universitas Telkom 2017/2018 yang berjumlah 6.768 yang pada saat ini sedang tinggal di asrama dengan sampel sebanyak 100 responden. Variabel bebas adalah tangibles, empathy, reliability, responsiveness, assurance. Variabel terikat adalah kepuasan mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada penghuni asrama Universitas Telkom 2017/2018. Dengan menggunakan teknik analisis deskriptif, persentase rata-rata variabel kualitas pelayanan berada pada kategori cukup baik. Dan persentase variabel kepuasan mahasiswa berada pada kategori buruk. Hasil perhitungan didapatkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan mahasiswa. Namun secara parsial variabel kualitas pelayanan ada yang berpengaruh signifikan dan ada yang tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Besarnya pengaruh secara simultan tersebut sebesar 14,20%.

Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Bentuk Fisik, Empati, Keandalan, Responsif, Jaminan, Kepuasan Mahasiswa Penghuni

Subjek

MARKETING
 

Katalog

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ASRAMA UNIVERSITAS TELKOM TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PENGHUNI ASRAMA ANGKATAN 2017/2018
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIZAL FATONY
Perorangan
IMANUDDIN HASBI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini