PENGARUH MANAJEMEN LABA, LEVERAGE DAN LIKUIDITAS TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2016)

RIO DARMA PUTRA

Informasi Dasar

18.04.2863
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perusahaan sebagai wajib pajak badan, mempunyai kewajiban untuk membayar pajak bagi negara sebagaimana telah diatur dalam undang-undang. Pajak sendiri bagi perusahaan merupakan beban yang harus dibayar, karena pajak dapat mengurangi laba bersih yang didapat oleh perusahaan dan perusahaan akan melakukan segala cara untuk mengefisiensikan pajak yang harus dibayarnya. Manajemen laba adalah tindakan yang dilakukan oleh manajemen untuk mempengaruhi laba yang dilaporkan yang bisa memberikan informasi mengenai keuntungan ekonomis yang sesungguhnya tidak dialami perusahaan. Pajak yang pada dasarnya menjadi sumber pemasukan bagi negara, sebaliknya menjadi beban oleh perusahaan, karena berkaitan langsung dengan laba yang didapatkan perusahaan. Oleh karena itu, manajemen laba menjadi salah satu cara bagi perusahaan untuk dapat meminimalkan pengenaan pajak. Selain itu leverage dan likuditas merupakan perhitungan perusahaan dalam menilai bagaimana kondisi perusahaan karena berkaitan dengan laba, beban, utang dan aset yang secara tidak langsung berhubungan dengan perhitungan pajak perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen laba, leverage dan likuiditas terhadap agresivitas pajak pada perusahaan sector pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016 baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif verifikatif yang bersifat kausalitas. Unit analisis pada penelitian ini adalah perusahaan pertambangan. Data penelitian menggunakan data sampel yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Dari pemilihan sampel, diperoleh 30 perusahaan selama lima tahun, yaitu dari tahun 2012 sampai 2016. Penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil variabel independen manajemen laba, leverage dan likuiditas dapat menjelaskan variabel dependen agresivitas pajak sebesar 59,6% dan sisanya 40,4% dijelaskan variabel lain diluar penelitian. Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara simultan manajemen laba, leverage dan likuiditas berpengaruh secara signifikan terhadap agresivitas pajak. Secara parsial, manajemen laba dan likuiditas berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Leverage tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak.

Kata Kunci: Agresivitas Pajak, Manajemen Laba, Leverage, Likuiditas

Subjek

TAX ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH MANAJEMEN LABA, LEVERAGE DAN LIKUIDITAS TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2016)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIO DARMA PUTRA
Perorangan
ELLY SURYANI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • ACH2C3 - PERPAJAKAN 1
  • ACH2E4 - PERPAJAKAN 2

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini