Tujuan utama perusahaan terutama perusahaan yang sudah go public adalah memaksimalkan kemakmuran para pemegang sahamnya. Tujuan perusahaan sendiri dibagi menjadi dua antara lain tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Tujuan jangka pendek perusahaan adalah untuk memperoleh laba yang maksimal dengan sumber daya yang ada, sedangkan tujuan jangka panjang perusahaan adalah untuk mengoptimalkan nilai perusahaan (Karina&Titik,2016). Nilai Perusahaan merupakan persepsi investor terhadap perusahaan, yang sering dikaitkan dengan harga saham (Suffah&Riduwan, 2016). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur modal, profitabilitas, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan non keuangan yang terdaftar dalam indeks LQ45 tahun 2012-2016. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 15 perusahaan dalam indeks LQ45 periode 2012-2016. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan menggunakan Software Eviews 9.0.
Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukkan bahwa secara simultan struktur modal, profitabilitas, dan kebijakan dividen berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan secara parsial, struktur modal tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, dan kebijakan dividen berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan.
Untuk investor hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi informasi tambahan dalam mengambil keputusan berinvestasi. Sedangkan, untuk perusahaan hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk melakukan evaluasi untuk menentukan struktur modal yang realtif tidak berisiko, menentukan target profitabilitas, dan menentukan kebijakan dividen di masa yang akan datang.
Kata Kunci: Struktur Modal, Profitabilitas, Kebijakan dividen, Nilai Perusahaan.