Pengaruh Struktur Modal,Profitabilitas, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Non Keuangan Yang Terdaftar Dalam Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016)

SELVIANA MAYORIZA

Informasi Dasar

18.04.2873
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tujuan utama perusahaan terutama perusahaan yang sudah go public adalah memaksimalkan kemakmuran para pemegang sahamnya. Tujuan perusahaan sendiri dibagi menjadi dua antara lain tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Tujuan jangka pendek perusahaan adalah untuk memperoleh laba yang maksimal dengan sumber daya yang ada, sedangkan tujuan jangka panjang perusahaan adalah untuk mengoptimalkan nilai perusahaan (Karina&Titik,2016). Nilai Perusahaan merupakan persepsi investor terhadap perusahaan, yang sering dikaitkan dengan harga saham (Suffah&Riduwan, 2016). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur modal, profitabilitas, dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan non keuangan yang terdaftar dalam indeks LQ45 tahun 2012-2016. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 15 perusahaan dalam indeks LQ45 periode 2012-2016. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan menggunakan Software Eviews 9.0. Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukkan bahwa secara simultan struktur modal, profitabilitas, dan kebijakan dividen berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan secara parsial, struktur modal tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, dan kebijakan dividen berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan. Untuk investor hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi informasi tambahan dalam mengambil keputusan berinvestasi. Sedangkan, untuk perusahaan hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk melakukan evaluasi untuk menentukan struktur modal yang realtif tidak berisiko, menentukan target profitabilitas, dan menentukan kebijakan dividen di masa yang akan datang.

Kata Kunci: Struktur Modal, Profitabilitas, Kebijakan dividen, Nilai Perusahaan.

Subjek

ACCOUNTING-BUSINESS ACTIVITY
 

Katalog

Pengaruh Struktur Modal,Profitabilitas, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Non Keuangan Yang Terdaftar Dalam Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SELVIANA MAYORIZA
Perorangan
MAJIDAH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini