PERAN KEPUASAN PELANGGAN DALAM MEMEDIASI PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN SERVICE QUALITY TERHADAP CUSTOMER RETENSION (STUDI KASUS PENGGUNA SMARTPHONE SAMSUNG DI UNIVERSITAS TELKOM)

FIRLIE ABRAR YUDHANTA

Informasi Dasar

18.04.2901
658.812
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Samsung Electronics adalah perusahaan pembuat perangkat elektronika terbesar di dunia dan berkantor pusat di Seocho Samsung Town di Seoul, Korea Selatan . Perusahaan ini adalah perusahaan Korea Selatan yang terbesar dan merupakan ikon dari Samsung Group, yang merupakan konglomerasi terbesar di Korea Selatan. Samsung Group dibentuk pada 1938 oleh Lee Byung-chul (1910-1987). Pada 1951, perusahaan ini berubah menjadi Samsung Corporation.

Costumer Relationship Management adalah pengelolaan hubungan dua arah antara suatu perusahaan dengan orang yang menjadi pelanggan di perusahaan tersebut. Penggunaan Customer Relationship Management ( CRM ) memiliki beberapa manfaat yang dapat berpengaruh bagi meningkatnya nilai suatu perusahaan yaitu meningkatkan loyalitas pelanggan, mengurangi biaya, meningkatkan efisiensi operasional, dan peningkatan pendapatan.

Custumer relationship management membantu perusahaan untuk mengembangkan produk baru berdasarkan keinginan pelanggan,data pasar dan pesaing dengan cara menjaga pelanggan yang sudah ada, menarik pelanggan baru, dan pelayanan yang responsif.

Tujuan penelitian ini untuk mengukur efek atau dampak variabel Kepuasan Konsumen dalam memediasi variabel customer relationship management dan service quality terhadap customer retention.Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data sebanyak 233 kepada mahasiswa/mahasiswi pada Universitas Telkom di kotaBandung. Penelitian ini menggunakan model persamaan struktural (SEM) Lisrel 8.80 serta menggunakan skala ordinal dengan 15 pertanyaan.

Hasil penelitian ini menunjukan hubungan variabel customer relationship management memiliki dampak positif dan signifikan terhadap Service quality, variabel customer relationship management memiliki dampak positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dan variable kepuasan pelanggan memiliki dampak positif dan signifikan terhadap service quality.

Subjek

CUSTOMER RELATION MANAGEMENT
 

Katalog

PERAN KEPUASAN PELANGGAN DALAM MEMEDIASI PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN SERVICE QUALITY TERHADAP CUSTOMER RETENSION (STUDI KASUS PENGGUNA SMARTPHONE SAMSUNG DI UNIVERSITAS TELKOM)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FIRLIE ABRAR YUDHANTA
Perorangan
TEGUH WIDODO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • EBH0C4 - MANAJEMEN BISNIS
  • EBH0I4 - MANAJEMEN STRATEGI
  • IEH3N2 - PRAKTIKUM PERANCANGAN BISNIS DAN FASILITAS INDUSTRI
  • IEH4G2 - PERANCANGAN PROSES BISNIS
  • IEH4CC3 - PERANCANGAN PROSES BISNIS LANJUT
  • IEH4EF3 - SISTEM BISNIS RETAIL
  • IEH4GB5 - PENGEMBANGAN INISIATIF BISNIS
  • EBI3P4 - MANAJEMEN STRATEGI
  • IEI5F3 - PERANCANGAN PROSES BISNIS
  • IEI443 - PENGEMBANGAN INISIATIF BISNIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini