ANALISIS PENGARUH FAKTOR KARAKTERISTIK WIRAUSAHA TERHADAP KESUKSESAN USAHA (STUDI KASUS: KOMUNITAS BANDUNG FOODTRUCK)

HARI KURNIADI TAMRIN

Informasi Dasar

111 kali
18.04.2949
658.421
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Wirausahawan memiliki peranan penting dalam meningkatkan pembangunan ekonomi suatu negara. Di tengah perlambatan ekonomi dunia, sektor UMKM senantiasa tampil sebagai penyelamat sehingga peran dan kontribusinya harus makin ditingkatkan. Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat Indonesia. Pemerintah Indonesia pun memandang penting keberadaan para pelaku UMKM.Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hingga kini masih menjadi salah satu sektor unggulan, bahkan jadi penopang utama perekonomian Indonesia. Pada tahun 2016 bisnis kuliner dengan menggunakan mobil yang dimodifikasi atau dikenal dengan nama food truck semakin marak dijumpai di sejumlah kota besar Indonesia. Bisnis tersebut dinilai sudah melampaui masa puncak popularitasnya, dan prospeknya diprediksi masih terbilang cerah .Saat ini food truck pun mulai marak di Kota Bandung untuk menambah daya tarik wisata kota Bandung. Kota Bandung memiliki komunitas yang disebut Bandung Food Truck Community yaitu komunitas yang beranggotakan para entrepeneur food truck di Kota Bandung. Berbagai tantangan dan kendala yang harus dihadapi tersebut membuat keberhasilan usaha tidak mudah untuk dicapai. Kesuksesan bisnis merupakan tujuan yang pasti ingin dicapai para pengusaha dalam menjalankan bisnisnya. Pada umumnya kesuksesan dapat dilihat dari aspek otonomi (kemandirian), kepuasan kerja, dan kemampuan menyeimbangkan pekerjaan dan keluarga Kesuksesan bisnis dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, dan salah satu faktor paling mendasar yang mempengaruhi kesuksesan pengusaha adalah karakter pengusaha itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar karakteristik usaha di Komunitas Bandung Foodtruck. dan tingkat kesuksesan usaha di Komunitas Bandung Foodtruck. serta mengetahui seberapa besar pengaruh karakterteristik pengusaha terhadap kesuksesan usaha Komunitas Bandung Foodtruck. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan kausal. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner kepada komunitas Bandung foodtruck yang masih aktif yaitu 30 pemilik foodtruck. Teknik sampling menggunakan probability sampling serta menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi linear sederhana, pengujian hipotesis menggunakan uji T, dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil pengolahan data,didapatkan bahwa pada hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa variabel Karakteristik wirausaha berpengaruh signifikan terhadap kesuksesan usaha.Koefisien determinasi diperoleh 36,6%. Hal ini menunjukkan bahwa Karakteristik Wirausaha memberikan pengaruh sebesar 36,6% terhadap Kesuksesan Usaha, sedangkan sisanya sebesar 63,4% Kesuksesan Usaha dipengaruhi oleh variabel lainnya Berdasarkan hasil dari penelitian,Karakteristik Wirausaha berada pada kategori baik yaitu dari perhitungan table menunjukan nilai sebesar 85,5%. Hal ini mengindikasikan bahwa komunitas bandung foodtruck memiliki karakter wirausaha yang baik. Kata Kunci : Karakteristik Wirausaha,Kesuksesan Usaha

Subjek

ENTREPRENEURIAL MANAGEMENT
 

Katalog

ANALISIS PENGARUH FAKTOR KARAKTERISTIK WIRAUSAHA TERHADAP KESUKSESAN USAHA (STUDI KASUS: KOMUNITAS BANDUNG FOODTRUCK)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HARI KURNIADI TAMRIN
Perorangan
DEDEN SYARIF HIDAYATULLAH
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini