PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ALAT UKUR BERAT DAN TINGGI BADAN UNTUK BAYI 1 – 18 BULAN BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 328

KEVIN BENHARD MARCELINO

Informasi Dasar

18.06.660
621.380 287
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Banyak indikator – indikator yang harus diperhatikan setelah bayi tersebut lahir. Salah satu indikator yang perlu diperhatikan adalah berat dan tinggi bayi. Saat ini alat ukur berat dan tinggi bayi dilakukan pada alat yang berbeda, lalu pembacaan hasil pengukuran kedua alat tersebut masih dilakukan secara manual.

Hal ini menyulitkan petugas kesehatan dan membuang tenaga yang seharusnya dapat di minimalisir. Guna mempermudah petugas kesehatan mengukur berat dan tinggi bayi. pembuatan alat ini yang dilengkapi dengan sensor ultrasonik, Load cell, Modul Amplifier HX711, LCD dan Modul IIC/I2C yang diatur oleh Mikrokontroller. Sensor ultrasonik berguna untuk mendapatkan nilai tinggi badan. Load cell berguna untuk mendapatkan nilai berat badan. Mikrokontroler adalah sebuah sistem komputer yang seluruh atau sebagian besar elemennya dikemas dalam satu chip IC, sehingga sering disebut single chip microcomputer.

Dari hasil pengujian berat dan tinggi yang telah dilakukan, Tingkat keberhasilan yang dimiliki alat proyek akhir adalah 99,69% untuk mengukur berat dengan barbel sebagai pembanding dan 99,68% untuk mengukur tinggi dengan penggaris sebagai pembanding. Alat yang penulis buat dapat dikatakan baik dikarenakan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi.

Subjek

Testing and measurement - electrical quantities
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ALAT UKUR BERAT DAN TINGGI BADAN UNTUK BAYI 1 – 18 BULAN BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 328
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KEVIN BENHARD MARCELINO
Perorangan
UNANG SUNARYA, DWI ANDI NURMANTRIS
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini