Sistem Kelas Pintar Dengan Kontrol Penggunaan Energi Listrik

DITO HUTAMA BAYU KRISNA

Informasi Dasar

18.04.3076
621.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Ruang kelas adalah suatu ruangan yang berfungsi sebagai tempat untuk kegiatan tatap muka dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Dalam kelas juga terdapat berbagai alat pendukung kegiatan belajar mengajar seperti beberapa meja, papan tulis dan alat elektronik lainnya. Berbagai pengguna kelas dapat memakai segala fasilitas yang telah disediakan dalam kelas. Dan juga tingkat keteledoran manusia juga beragam dalam menggunakan fasilitas kelas. Sering kali terjadi penggunaan alat elektronik dalam kelas yang berlebihan. Penggunaan yang berlebihan ini disebabkan oleh pengguna kelas sendiri. Oleh karena itu, untuk mengatasi pengguna alat elektronik yang berlebihan diperlukan sebuah sistem yang dapat mempermudah untuk mengontrol penggunaan alat elektronik.

Kendala yang sering terjadi dalam kelas yaitu penggunaan alat elektronik dalam kelas yang berlebihan. Hal ini terjadi karena keteledoran dari pengguna kelas yang lupa untuk mematikannya, sehingga terjadi pemborosan energi listrik dalam kelas. Oleh karena itu pada penelitian ini akan dirancang sebuah sistem yang memudahkan pengontrolan alat elektronik dalam kelas. Selain itu pada alat ini juga terdapat fitur untuk mematikan sistemnya sendiri sesuai waktu yang ditentukan.

Penelitian ini bertujuan merancang sistem kelas pintar dengan kontrol penggunaan energi listrik. Sistem ini dirancang untuk memudahkan pengguna kelas untuk mengontrol dan mengawasi penggunaan alat elektronik dalam kelas. Selain itu juga dapat mengurangi tingkat keteledoran dari pengguna kelas dalam penggunaan alat elektronik yang berlebihan atau melewati waktu yang ditentukan.

Subjek

ELECTRICAL ENGINEERING
 

Katalog

Sistem Kelas Pintar Dengan Kontrol Penggunaan Energi Listrik
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DITO HUTAMA BAYU KRISNA
Perorangan
SONY SUMARYO, AGUNG SURYA WIBOWO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • ELG3A3 - MIKROPROSESOR
  • EKG4C3 - SISTEM KENDALI CERDAS
  • EKH4B3 - SISTEM KENDALI CERDAS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini