RANCANG BANGUN KUNCI BERBASIS SUARA PADA PINTU PINTAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE MEL FREQUENCY CEPSTRAL COEFFICIENT (MFCC) DAN K-NEAREST NEIGHBOR (K-NN)

M. AFIF RIDWANSYAH

Informasi Dasar

18.04.3088
620.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Automatic Speech Recognition (ASR) adalah suatu sistem yang dapat mengenali, membandingkan dan mencocokkan pola suara masukan sistem tersebut dengan pola suara yang telah disimpan dalam memori. ASR terbagi menjadi dua jenis, yaitu Speech Recognition dan Speaker Recognition. Speaker Recognition adalah pengenalan identitas berdasarkan suara yang dikeluarkan (berupa intonasi suara, kedalaman suara, dan sebagainya). Pada penelitian ini dibangun sistem kunci berbasis suara dengan memanfaatkan Speaker Recognition. Pada penelitian ini digunakan metode Mel-Frequency Cepstral Coefficient (MFCC) sebagai ekstraksi ciri dan metode K-Nearest Neighbor (K-NN) sebagai klasifikasi ciri. Alat ini bekerja melalui dua tahapan, yaitu tahap pelatihan (training) dan tahap pengujian (testing). Hasil pengujian menunjukkan MFCC dan K-NN berhasil diimplementasikan dengan jumlah filterbank terbaik berjumlah 20 dan nilai koefisien terbaik sebanyak 13 koefisien dengan akurasi 100%. Hasil pengujian menunjukkan bahwa jumlah filterbank dan nilai koefisien mempengaruhi akurasi dari sistem.

Kata kunci: Automatic Speech Recognition (ASR), biometrik suara, K-Nearest Neighbor (K-NN), Mel-Frequency Cepstral Coefficient (MFCC) .

Subjek

SOUND ENGINEERING
 

Katalog

RANCANG BANGUN KUNCI BERBASIS SUARA PADA PINTU PINTAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE MEL FREQUENCY CEPSTRAL COEFFICIENT (MFCC) DAN K-NEAREST NEIGHBOR (K-NN)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

M. AFIF RIDWANSYAH
Perorangan
ACHMAD RIZAL, SUGONDO HADIYOSO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini