Sesuai dengan visi yang dimiliki oleh PT.Trengginas Jaya yaitu “Menjadi perusahaan penyedia
jasa outsourcing, trading dan properti yang profesional dan unggul dalam kualitas produk dan
layanan, guna meningkatkan kepuasan pelanggan.” maka perusahaan harus terus berkembang
untuk dapat menjadi perusahaan yang profesional dan terus mendapatkan kepercayaan dari
pelanggan, salah satunya dengan menerapkan ISO 9001:2015. Saat ini PT. Trengginas Jaya
masih melakukan proses penggajian secara manual. Dimulai dari proses menentukan gaji
karyawannya dengan melakukan input secara manual dan menghitung gaji karyawan
menggunakan excel. Proses ini membutuhkan ketelitian dan memakan waktu yang banyak. Untuk
mengefisiensikan proses penggajian yang ada, maka penelitian ini berfokus pada perancangan
sistem penggajian berbasis teknologi informasi yang sejalan dengan ISO 9001:2015 klausul
7.1.3. Perancangan sistem penggajian ini dibuat dengan perbaikan proses bisnis penggajian
dengan menggunakan metode business process improvement. Dimana pada metode ini
menggunakan streamlining atau penyederhanaan proses untuk menentukan aktivitas didalam
proses bisnis penggajian yang harus disederhanakan. Setelah melakukan proses streamlining,
dilakukan proses merancang sistem penggajian dengan menggunakan metode system
development life cycle (SDLC). Pada penelitian ini menghasilkan sistem penggajian baru yang
terdapat proses bisnis usulan dan aplikasi pengelolaan gaji.