Persaingan bisnis industri jasa pada jaman sekarang sangatlah kompetitif terutama pada bidang pariwisata. Industri pariwisata merupakan salah satu industri jasa yang terbesar di Indonesia karena ruang lingkupnya menyangkut berbagai sektor ekonomi. Kota Semarang merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Namun jumlah wisatawan di Kota Semarang masih kalah dengan beberapa kota lain di Jawa Tengah. Keinginan para wisatawan mengunjungi suatu kota untuk dijadikan destinasi wisata tentu saja dipengaruhi oleh preferensi wisatawan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi wisatawan saat ingin mengunjuni Kota Semarang dan menjadikan preferensi tersebut sebagai rekomendasi untuk penyedia jasa wisata. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah analisis conjoint. Analisis conjoint merupakan analisis untuk mengetahui preferensi konsumen mengenai suatu produk atau jasa. Pada penelitian ini atribut preferensi wisatawan yang ditawarkan pada responden adalah atribut atraksi wisata dengan sub atribut atraksi natural dan kebudayaan, atribut aktivitas wisata dengan sub atribut wisata kuliner dan wisata sejarah, dan atribut transportasi dengan sub atribut transportasi pribadi dan transportasi sewa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responden menjadikan atribut aktivitas wisata dengan wisata sejarah sebagai preferensi utama, diikuti oleh atribut transportasi dengan sub atribut transportasi pribadi dan atribut atraksi wisata dengan sub atribut kebudayaan. Hasil dari penelitian ini dapat memberikan suatu rekomendasi untuk Dinas Pariwisata Kota Semarang untuk melakukan perencanaan program wisata atau pembenahan infrastruktur dan wahana pada lokasi wisata.