Game adalah salah satu media hiburan yang sangat digemari hampir oleh semua orang. Sifat game yang menyenangkan dan dapat membuat orang yang memainkanya terlarut dalam dunianya. Saat ini memiliki game memiliki potensi sebagai media untuk menyampaikan pesan-pesan terntentu kepada masyarakat luas. Perancang ingin memanfaatkan potensi tersebut untuk menginformasikan nilai-nilai kebudayaan lokal yang saat ini kurang diketahui masyaratak. Salah satunya tersebut adalah Tri Tangtu. Tri Tangtu bisa dikatakan sebagai pondasi atau akar dari segala bentuk kebudayaan Sunda. Tri Tangtu paling mudah dikenali melalui struktur dalam pada artefak kebudayaan Sunda. Perancang berencana untuk mengangkat Tri Tangtu dalam bentuk artefak kedalam game berjenis rhythm game dengan memperhatikan struktur game elements yaitu elemen formal, elemen dramatis, dan dinamika sistem (Tracy Fullerton). Muatan Tri Tangtu tersebut akan disaring agar dapat dimasukan sebagai fitur atau konten Game seperti cutscene, konsep level, ensiklpedia, pembangunan konsep dunia, dan lain sebagainya. Hasilnya adalah terancangnya sebuah rhythm game yang kontennya memiliki muatan nilai-nilai Tritangtu dari artefak Sunda. Dari perancangan ini diharapkan pemain bisa mendapatkan informasi mengenai Tri Tangtu yang ada pada artefak Sunda.
Kata Kunci : Desain rhythm game, game elements, Tri Tangtu Sunda.