Penerapan Lean Manufacturing untuk Mengurangi Waste Waiting pada Aktivitas Pengambilan Bahan Baku dari Gudang Excava200 PT PINDAD (Persero)

PUTRIFA WIRAHAYU ADI MUSLIMA

Informasi Dasar

18.04.3199
670
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Pindad (Persero) merupakan perusahaan yang bergerak dalam pembuatan produk militer dan non militer lainnya. Salah satu produk non militer yang diproduksi PT.Pindad (Persero) yaitu produk excavator, yaitu Excava200. Pada tahun 2017, Produksi Excava200 hanya mencapai 37% dari total target. Guna mengetahui penyebab ketidaktercapaian produksi, dilakukan penggambaran Value Stream Mapping (VSM) dan Process Activity Mapping (PAM) sehingga diperoleh lead time sebesar 4797,4 menit. Hal tersebut lebih besar dibanding target perusahaan yaitu 3870 menit. Dilakukan identifikasi waste diperoleh nilai waste terbesar yaitu waste waiting sebesar 86%. Penyebab adanya waste waiting yaitu lamanya pemeriksaan dan menunggu bahan baku dari gudang. Pada penelitian ini akan difokuskan pada proses menunggu bahan baku dari gudang bahan baku yang disebabkan oleh lamanya proses pengambilan bahan baku, akan dilakukan upaya minimasi waste waiting pada aktivitas pengambilan bahan baku dari gudang menggunakan pendekatan lean manufacturing. Penyelesaian akar permasalahan menggunakan tools lean manufacturing yaitu dengan pengklasifikasian bahan baku, perbaikan layout gudang dan pembuatan display pada gudang untuk mengurangi waste waiting pada aktivitas pengambilan bahan baku dari gudang produksi Excava200 PT. Pindad (Persero). Berdasarkan simulasi jarak tempuh operator, diperoleh pengurangan waktu sebesar 20,36 menit dari kondisi awal.

Subjek

LEAN MANUFACTURING
 

Katalog

Penerapan Lean Manufacturing untuk Mengurangi Waste Waiting pada Aktivitas Pengambilan Bahan Baku dari Gudang Excava200 PT PINDAD (Persero)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PUTRIFA WIRAHAYU ADI MUSLIMA
Perorangan
PRATYA POERI SURYADHINI, MURNI DWI ASTUTI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • IEG4AA - SISTEM PRODUKSI TEPAT WAKTU
  • IEH4H4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini