Kabupaten Sragen adalah sebuah daerah di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Jawa Timur. Sejak museum Sangiran menjadi salah satu warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 1996 di Meksiko, Kabupaten Sragen berusaha untuk meningkatkan kualitas pariwisatanya. Selain Sangiran, Kabupaten Sragen juga memiliki tempat-tempat wisata lain yang tidak kalah menarik. Permasalahan pada dua tahun terakhir, kunjungan wisata Sragen mengalami penurunan, terutama di tempat - tempat wisata selain Museum Sangiran. Pengumpulan data menggunakan observasi, studi pustaka dan kuesioner, serta wawancara kepada narasumber yang kompeten. Untuk analisis data digunakan metode analisis matriks. Berdasarkan pengumpulan data dan analisis perbandingan maka dirancang identitas visual dan penerapannya pada media promosi untuk tempat wisata Kabupaten Sragen agar dapat membantu wisatawan untuk mendapatkan informasi mengenai objek wisata yang ada serta untuk meningkatkan kunjungan kepada tempat-tempat wisata di kabupaten Sragen
Kata kunci: wisata, identitas visual, media promosi, Sragen