Diyudha, Aprillia Djayanti. 2018. Penyutradaraan Film Fiksi Tentang Pendidikan Karakter Pada Sekolah Menengah Pertama yang Menerapkan Sistem Full Day di Kota Bandung. Tugas Akhir. Program Studi Desain Komunikasi Visual. Fakultas Industri Kreatif Universitas Telkom. Bandung.
Penerapan sistem Full Day School yang diharapkan mampu membangun pendidikan karakter anak masih dirasa kurang cocok untuk diterapkan bagi sebagian orang. Tidak semua siswa-siswi pada masa SMP mampu menjalani sistem Full Day School yang diterapkan disekolah, karena perbedaan fisik, psikis maupun latar belakang keluarga sangat berpengaruh. Anak-anak SMP harus menyesuaikan diri dengan sistem yang diterapkan di sekolahnya dan hal itu diperlukan waktu yang tidak sebentar mengingat psikologis anak pada usia SMP yang belum stabil. Bagaimanapun komunikasi antara anak dan orang tua itu sangatlah penting, karena manusia adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain. Ditambah banyaknya kasus-kasus asusila, tauran, dan kriminal lainnya yang dilakukan oleh anak-anak di usia SMP. Maka dari itu diperlukan media informasi yang dapat mengajak lembaga pendidikan dan orang tua untuk membangun pendidikan dengan sistem Full Day School yang telah banyak diterapkan oleh sekolah-sekolah. Perancangan ini menggunakan metode pengumpulan data kualitatif dan menggunakan pendekatan psikologi perkembanga. Keduanya dipilih agar penulis mendapatkan data sesuai dengan kejadian sehari-hari sesuai dengan perkembangan psikologi pada remaja. Melalui perancangan ini diharapkan dapat meminimalisir kenakalan yang terjadi di lingkungan sekolah maupun luar sekolah dengan diterapkannya pendidikan karakter dan pemanfaatan waktu yang diberikan oleh sistem sekolah Full Day School.
Keyword yaitu “pendidikan karakter” dan “Emosional remaja”.