Pariwisata merupakan hal yang sangat penting dalam menunjang perekonomian dalam suatu daerah. Mencari informasi destinasi wisata saat ini sangat mudah. Wisatawan cenderung menggunakan media online untuk mencari destinasi yang akan dituju. Namun minimnya informasi tentang pariwisata di Kabupaten Bandung Barat menjadi hambatan terbesar bagi wisatawan yang berniat untuk berkunjung ke tempat pariwisata di daerah Kabupaten Bandung Barat. Saat ini dengan teknologi komunikasi dan informasi yang semakin berkembang, smartphone sudah sangat canggih dan fitur yang terdapat dalam smartphone menjadi lebih lengkap. Perancangan ini dibuat menggunakan berbagai metode antara lain, observasi, wawancara, kuesioner, dan analisis matriks perbandingan. Solusi yang tepat untuk fenomena tersebut adalah sebuah perancangan media promosi untuk Kabupaten Bandung Barat. Media promosi yang akan dibuat adalah purwarupa aplikasi mobile panduan pariwisata kabupaten Bandung Barat. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk membantu meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Bandung Barat.
Kata Kunci : pariwisata, wisatawan, online, smartphone, mobile, purwarupa, aplikasi.