EVALUASI USER EXPERIENCE DAN USER INTERFACE CHAT BOT KIWARI UNTUK MENINGKATKAN USER DI INDONESIA

BELLA DWI JAYANTI

Informasi Dasar

124 kali
18.05.090
658.812
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Dengan pertumbuhan aplikasi olah pesan yang cepat, adaptasi chat bot juga tumbuh secara eksponensial. Pada 2017, ada lebih dari 30.000 bot di seluruh dunia untuk membuat manusia merasa lebih mudah memenuhi kebutuhan mereka. Salah satu chat bot di Indonesia adalah Kiwari, aplikasi chat bot untuk karyawan BUMN untuk memenuhi kebutuhan kerja mereka dengan percakapan yang lebih alami dan lebih cerdas. Namun, sebagian besar karyawan di Indonesia masih kesulitan menggunakan Kiwari sebagai aplikasi perpesanan mereka. Tujuan dari penelitian ini antara lain adalah mengetahui hasil evaluasi dari User Experience dan User interface dari chat bot Kiwari sebelumnya dan memberikan User Experience dan User interface dari chat bot Kiwari yang mampu meningkatkan minat user dilihat dari faktor learnability dan satisfaction. Peneliti melakukan penelitian menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara dengan berbagai narasumber dan mengamati pengguna menggunakan aplikasi Kiwari. Lokasi penelitian diambil di Jakarta dan Bandung di mana banyak kantor pusat pegawai negeri berada. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat diketahui bahwa chat bot Kiwari masih sulit digunakan oleh user Kiwari sebelumnya khususnya pada faktor Learnability (Pembelajaran user) dan faktor Satisfaction (User Interface). Peneliti memberikan beberapa rekomendasi desain aplikasi Kiwari melalui beberapa tahap, antara lain: Evaluasi user, melakukan wawancara dengan berbagai sumber, membuat information architecture, dan membuat paper prototype dan usability test. Hasil desain menjadi rekomendasi untuk chat bot Kiwari yang mampu meningkatkan user Kiwari di Indonesia. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dilakukan metode usability test secara kuantitatif dan melakukan penelitian dengan menyasar khusus kepada user dalam kondisi ekstrim, seperti di pulau terpencil Indonesia untuk mendapatkan hasil data yang lebih akurat. Kata kunci: Chat bot; Perilaku konsumen; User Experience; Usability

Subjek

CUSTOMER RELATION MANAGEMENT
 

Katalog

EVALUASI USER EXPERIENCE DAN USER INTERFACE CHAT BOT KIWARI UNTUK MENINGKATKAN USER DI INDONESIA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BELLA DWI JAYANTI
Perorangan
MAYA ARIYANTI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

  • MM400014 - TESIS
  • CII733 - TESIS
  • TTI7Z4 - TESIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini