PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, RASIO LEVERAGE, RASIO PROFITABILITAS DAN SALES GROWTH TERHADAP FINANCIAL DISTRESS

ZAZA HUMAIDA FITRI

Informasi Dasar

18.04.3317
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Financial distress merupakan proses menurunnya posisi keuangan yang dialami perusahaan sebelum kebangkrutan maupun likuidasi. Financial distress ditandai dengan ketidakmampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban-kewajibannya. 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh secara simultan dan parsial antara rasio likuiditas, leverage, profitabilitas dan sales growth terhadap financial distress pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 38 sampel dalam kurun waktu 5 tahun sehingga didapat 190 total sampel perusahaan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik dengan menggunakan aplikasi SPSS 24.0.
Berdasarkan hasil penelitian, variabel rasio likuiditas, leverage, profitabilitas dan sales growth mempengaruhi financial distress sebanyak 61,3%, dan sisanya 38,7% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian. Secara parsial, variabel likuiditas yang diproksikan dengan current ratio (CR) berpengaruh positif terhadap financial distress dan variabel profitabilitas yang diproksikan dengan return on asset (ROA) berpengaruh negatif terhadap financial distress. Sedangkan variabel leverage yang diproksikan dengan debt to asset ratio (DAR) dan sales growth tidak berpengaruh terhadap financial distress.
Dari hasil penelitian yang menunjukkan adanya pengaruh negatif antara profitabilitas terhadap financial distress, maka investor harus berhati-hati dalam mengambil keputusan investasinya, dengan tidak hanya berfokus terhadap laba perusahaan yang tinggi, namun memperhatikan juga dari laporan keuangan perusahaan secara keseluruhan. Dan untuk manajemen perusahaan, sebaiknya harus mampu memaksimalkan penggunaan asetnya untuk memperoleh laba agar terhindar dari financial distress.

Kata kunci: Financial Distress, Likuditas, Leverage, Profitabilitas, Sales Growth

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, RASIO LEVERAGE, RASIO PROFITABILITAS DAN SALES GROWTH TERHADAP FINANCIAL DISTRESS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ZAZA HUMAIDA FITRI
Perorangan
VAYA JULIANA DILLAK
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2018

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini